Edukasi

6 kiat menyenangkan dan mudah agar anak doyan makan sayur

Selasa, 07 Juli 2020 | 15:39 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
6 kiat menyenangkan dan mudah agar anak doyan makan sayur

ILUSTRASI. Kiat menyenangkan dan mudah agar anak doyan makan sayur. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hanya sedikit anak yang doyan makan sayur. Kalau mereka mau mau menyantap sayur mayur, hanya satu atau dua jenis saja.

Ada saja alasan, kenapa si kecil selalu menolak bahkan memuntahkan sayuran yang sudah mereka makan. Mulai rasa pahit hingga tidak berasa, mungkin sudah sering Anda dengar tiap kali mereka berhadapan dengan sayur.

Jika Anda paksa, si kecil bisa tantrum hingga menangis hanya gara-gara makan sayur. Sebagai orang tua, tentu Anda khawatir dengan asupan gizi dan vitamin buah hati bila mereka tidak mau menyantap sayur. 

Anda tidak perlu bingung, karena ada banyak cara agar si  buah hati gemar makan sayur. Tanpa perlu paksaan sehingga membuat anak semakin membenci sayuran, berikut enam biar anak doyan makan sayur:

Baca Juga: Agar bayi pintar, ini kebiasaan baik orang tua yang perlu dilakukan

Campur sayuran dengan makanan kesukaan anak

Kebanyakan anak yang tidak doyan makan sayur, lebih memilih makanan yang mereka gemari saat makan. Agar asupan vitamin dan gizi buah hati terpenuhi, coba campur sayuran ke dalam masakan kesukaan anak Anda.

Nugget ayam dengan campuran wortel dan brokoli atau cake wortel bisa menjadi alternatif. Dengan begitu, konsumsi sayur buah hati Anda tercukupi.

Ubah cara memasak sayuran Anda

Melansir Lizshealthytable.com, mengubah cara memasak bisa membantu anak doyan makan sayur. Jika biasanya buah hati selalu menolak sup sayur, coba kreasikan agar lebih menarik.

Balurkan bunga kol dengan tepung bumbu cair kemudian goreng hingga kecoklatan, lalu sajikan dengan saus tomat. Contoh sajian bunga kol ini bisa menyiasati anak yang emoh makan sayuran.

Baca Juga: Mau menang tawar menawar harga lawan penjual, berikut tipsnya

Puji anak Anda saat mereka makan sayur

Kebanyakan anak senang mendapat pujian saat melakukan sesuatu. Hal tersebut akan mendorong si kecil untuk terus melakukan hal yang sama, dan membangkitkan rasa percaya diri mereka.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru