Tips Hindari Kecelakaan di Jalan, Pahami Tanda-tanda dari Mobil dan Kendaraan Lain

Rabu, 25 Januari 2023 | 22:14 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Tips Hindari Kecelakaan di Jalan, Pahami Tanda-tanda dari Mobil dan Kendaraan Lain

ILUSTRASI. Mobil di Jalan Tol. (TRIBUNKALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO)


KONTAN.CO.ID - Meski telah berhati-hati, pengemudi mobil harus memahami, bila kecelakaan yang terjadi bisa datang dari kendaraan bermotor lain. 

Untuk itu, kita sebagai pengemudi kendaraan wajib mengetahui tanda-tanda dari mobil di sekitar pengguna jalan lain. 

Lantas, seperti apa tanda-tanda dari kendaraan lain yang menjadi indikasi kecelakaan? 

Baca Juga: Pilihan Harga Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta, Dapat MPV hingga SUV Lawas

Tanda-tanda dari kendaraan lain untuk hindari kecelakaan 

Ilustrasi mobil di jalan tol

Dirangkum dari keterangan resmi Auto2000, berikut adalah tanda-tanda sekitar mobil dari pengguna jalan lain yang harus diperhatikan demi keamanan bersama agar terhindar dari kecelakaan: 

1. Manuver sembarangan

Masih banyak pengguna kendaraan bermotor yang tidak mau mematuhi aturan lalu lintas sehingga melakukan manuver sembarangan yang berbahaya. Seperti, pindah lajur tanpa mengindahkan mobil lain di sekitarnya.

Begitu melihat ada yang seperti itu, jangan ragu untuk segera menjaga jarak aman dan tidak terprovokasi oleh tindakan mereka.

Baca Juga: Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik dan Rekomendasi Produknya

2. Melawan arah jalan

Tidak hanya sepeda motor, pemakai mobil pun ada yang nekat melawan arah demi kepentingannya sendiri. Meskipun salah, namun tetap lebih baik jika Anda tidak terpancing emosinya. Serta menjaga jarak aman dengan cara menghindar kalau terlihat ada yang melakukan perilaku salah tersebut.

3. Sein kanan padahal belok kiri

Gurauan ini banyak terdengar untuk mengomentari pengguna jalan yang tidak peduli cara memberikan sinyal belok dengan aman.

Alhasil, bukannya menyalakan lampu sein yang sesuai arah, malah abai dan menyalakan lampu sein yang salah, bahkan tidak memberikan isyarat apapun. Jaga jarak aman kalau Anda menemukan tipe pengemudi seperti ini.

Baca Juga: Tips Agar Terhindar dari Kecelakaan Menabrak Truk dari Belakang di Jalan Tol

4. Bermain ponsel

Dengan alasan sibuk atau mau tetap eksis di media sosial, beberapa pengemudi tetap bermain ponsel ketika mengemudi mobil.

Padahal perilaku tersebut dapat mendistraksi fokus dan kewapadaan sehingga melakukan tindakan ceroboh, seperti pindah lajur tanpa sadar atau lupa mengerem. Segera hindari dan beri jarak aman waktu bertemu pengemudi seperti ini.

5. Lampu rem mati

Masih banyak pengemudi yang tidak peduli lampu rem mobilnya berfungsi atau tidak. Padahal, lampu rem yang mati membuat pengemudi lain tidak tahu kapan mobil atau sepeda motor di depannya mengurangi kecepatan.

Hindari mengikuti dari belakang kendaraan yang lampu remnya mati, seperti dengan pindah lajur atau menyalip kalau aman.

Baca Juga: Ramalan Shio yang Ditakdirkan Sukses Di Tahun Kelinci Air, Cek Saham Bakal Hoki 2023

6. Membunyikan klakson seenaknya

Mungkin Anda pernah terganggu oleh pengemudi lain yang menyalakan klaskon tanpa alasan yang jelas, seperti traffic light belum hijau tapi sudah berisik menekan klakson.

Meskipun kesal, tetap kendalikan emosi dan tidak perlu terpengaruh oleh sikap mereka. Berikan jalan jika memungkinkan dan biarkan mereka melaju sehingga tercipta jarak aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru