Kuliner

Trending di Twitter, ini 5 kuliner favorit di Banyuwangi

Senin, 28 September 2020 | 12:54 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Trending di Twitter, ini 5 kuliner favorit di Banyuwangi

ILUSTRASI. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kedua kiri) bersama CEO Gojek Indonesia Nadiem Makarim (kiri) meninjau stan Pesta Kuliner Go-Food di Gedung Wanita, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (15/12).

KONTAN.CO.ID - Nama Banyuwangi menjadi trending topic di lini masa Twitter pada Senin, 28 September 2020. Hingga pukul 12.00 WIB, terdapat 4.256 twit tentang Banyuwangi.

Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di paling Timur Pulau Jawa. Kabupaten di Provinsi Jawa Timur terkenal lantaran memiliki tempat wisata populer, seperti Kawah Ijen dan Pantai Plengkung. 

Lantas, apa saja kuliner di Banyuwangi yang perlu wisatawan nikmati?

Baca Juga: Trending di Twitter, ini 5 wisata favorit di Banyuwangi

Kuliner favorit wisatawan di Banyuwangi

Dirangkum dari laman resmi Promosi Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, berikut kuliner favorit wisatawan di Banyuwangi:

1. Pecel Pitik

Pecel pitik kuliner khas Banyuwangi

Makanan khas Banyuwangi ini merupakan perpaduan antara bumbu pecel yang dicampur dengan parutan kelapa dan ayam bakar. Dikutip dari Kompas.com, pecel pitik adalah makanan yang hanya hadir saat selamatan desa di masyarakat Suku Using.  

Pecel pitik menggunakan bahan utama ayam kampung yang masih muda. Setelah disembelih, ayam kampung dibersihkan lalu dipanggang secara utuh di perapian.

Tapi, api harus dijaga agar daging ayam tidak gosong dan matang merata. Membakar ayam secara tradisional memang membutuhkan waktu yang lama serta keahlian khusus.

Sedangkan bumbu yang digunakan sangat sederhana yaitu kemiri, cabai rawit, terasi, daun jeruk, dan gula. Setelah dihaluskan, bumbu dicampur dengan parutan kelapa muda.

Penyajiannya cukup menarik. Ayam yang telah dipanggang lantas disuwir menggunakan tangan.

Baca Juga: Agro Wisata Tamansuruh, destinasi wisata pertanian yang lagi hits di Banyuwangi

2. Kue Bolu Kuwuk

Kue Bolu Kuwuk adalah kue bolu kering yang banyak diminati di Banyuwangi. Bentuknya mirip dengan tempurung kura-kura serta berwarna coklat. 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru