Upaya Rasa Group wadahi kreativitas milenial di Barista Innovation Challenge 2021

Jumat, 05 November 2021 | 15:31 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Upaya Rasa Group wadahi kreativitas milenial di Barista Innovation Challenge 2021

ILUSTRASI. Rasa Group mewadahi kreativitas para milenial di Barista Innovation Challenge 2021


KOPI -  JAKARTA. Indonesia sebagai salah satu negara produsen biji kopi terbesar di dunia, memiliki potensi luar biasa di pasar internasional. Rasa Group bekerja sama dengan DRiPP Flavour, Bezzera, Otten, serta didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mendorong pengembangan potensi kopi Indonesia dengan menghadirkan kembali Barista Innovation Challenge (BIC) pada tahun ini. 

Ajang kompetisi nasional terbesar dan paling bergengsi untuk barista, home brewer, dan para pelaku kopi, mengajak seluruh pesertanya berinovasi menghasilkan minuman berkualitas dengan cita rasa Indonesia. 

Melihat kesuksesan yang didulang tahun lalu, BIC 2021, mengambil peran dalam mendorong dampak positif yang signifikan untuk industri minuman lokal. 

BIC 2021 melihat adanya potensi dari para barista lokal untuk didukung kemajuannya. Roadshow keenam kota besar di Indonesia, yaitu : Makassar, Bali, Medan, Surabaya, Jakarta & Bandung dilakukan oleh tim BIC untuk mendapatkan talenta-talenta daerah yang siap diperkenalkan secara nasional. 

Baca Juga: Formosa Ingredient Factory (BOBA) akan rampungkan pabrik ke-2 akhir tahun ini

“Ada coffee shop yang masih perlu di-reach out untuk diajak ikut BIC, untuk diperkenalkan karyanya secara nasional. Jadi tahun ini kita mau me-reaching out potensi terpendam itu” ujar Sherley Ruslie, Managing Director Rasa Group dalam siaran pers, Jumat (5/11). 

BIC 2021 mengangkat tema The Coffee Nation : a Tale of Innovation. Tema ini dipilih dengan tujuan untuk memperkenalkan keunikan biji kopi daerah ke seluruh nusantara. Harapannya dari tema BIC tahun ini, para pelaku industri kopi dapat meng-explore lebih banyak biji kopi daerah-daerah di Indonesia ke dalam kreasi minumannya. 

Talenta-talenta yang terus bermunculan setiap tahunnya diberikan wadah di dalam BIC untuk berkreasi sehingga menjadi unggul di mata publik internasional. BIC 2021 terbuka untuk para barista, bartender, penikmat kopi dan mereka yang mau berinovasi.  Rasa Group sebagai penyelenggara berharap para peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya.

“Peserta bisa membuat kopi dengan konsep mixology yang memadukan hasil bumi Indonesia, agar menghasilkan minuman secara rasa dapat diterima, bahkan menjadi trend nantinya” papar Sherley Ruslie. 

Baca Juga: Coca-Cola dikabarkan akan akuisisi BodyArmor

Para peserta akan memperebutkan hadiah utama bernilai total ratusan juta rupiah. Juara utama akan memenangkan 1 buah mesin kopi Bezzera 2016 Group Volumetric dan 1 buah Bezzera Grinder BB020, dari Rotaryana Group.

“Hal ini merupakan dukungan dari Rotaryana untuk  membantu para barista menghasilkan minuman kopi espresso yang berkualitas dengan Bezzera Equipment”, Ujar Karisma Kamdani Pemilik Rotaryana Group.

Juara kedua mendapatkan 1 buah Ode Grinder, 1 buah Drip Coffee Scale, dan 1 buah stag EKG. Serta untuk juara ketiga akan mendapatkan 1 buah Flair Espresso Maker, 1 buah Drip Coffee Scale dan 1 buah Kettle Buono. 

Tidak hanya untuk 3 peserta terbaik, dalam usaha mendorong kemajuan UMKM, Otten menghadirkan mesin kopi versi rumah tangga untuk 25 peserta semifinal. Otten telah menyiapkan Touch Screen Home Espresso Machine khusus untuk BIC 2021, dan merchandise istimewa lainnya dari DRiPP Flavour. 

Rangkaian kegiatan BIC 2021 juga akan menghadirkan Innovation Day dengan beragam webinar untuk para peserta yang belum berkesempatan mengikuti roadshow di kota-kota secara offline. Dikemas dalam bentuk sharing knowledge, ragam webinar Innovation Day menghadirkan guest speaker di bidang seputar roastery, kompetisi, kreasi, inovasi resep, mixology coffee, dan entrepreneurship

Baca Juga: Permintaan Tumbuh Subur, Begini Proyeksi Kinerja SAMF Hingga Akhir Tahun Ini

Berbagai macam Webinar telah dilakukan dengan berkolaborasi bersama coffee shop ternama nasional dan membahas berbagai macam topik seperti bahasan seputar cara dan dukungan coffee shop Indonesia menginjakkan kaki di pasar internasional yang dibawakan langsung oleh Founders DUA Coffee. 

Kemudian, webinar yang berfokus pada peningkatan kemampuan para barista Indonesia mengenal tasting notes yang ada dari biji kopi lokal yang dibawakan langsung oleh Founders Space Roastery. Serta topik yang membahas mengenai pengembangan hard dan soft skill barista agar dapat menciptakan minuman yang kreatif yang dibawakan oleh Founder First Crack Coffee. 

Sherley Ruslie mengajak seluruh pelaku industri F&B khususnya dibidang kopi agar bersama-sama membangun dan menyukseskan industri kopi dan minuman tanah air. Harapannya event ini bisa menjadi wadah pelaku industri tanah air mengedepankan inovasi, kualitas, kreativitas, dan keahlian mendalam di bidang perkopian.

Selanjutnya: Strategi bisnis Otten Coffee di masa pandemi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Noverius Laoli

Terbaru