Update kondisi hotel-hotel di Jayapura dan nasib para turis

Jumat, 30 Agustus 2019 | 12:40 WIB Sumber: Kompas.com
Update kondisi hotel-hotel di Jayapura dan nasib para turis

ILUSTRASI. DANAU SENTANI PAPUA


PAPUA - JAKARTA. Sejumlah hotel termasuk turis-turis yang menginap di hotel-hotel di area Jayapura, Papua dalam kondisi aman, Jumat (30/8). Sehari sebelumnya yakni Kamis (29/8) kondisi Kota Jayapura lumpuh karena demonstrasi yang berakhir ricuh.

"Kondisi hotel kita di Jayapura (Aston Jayapura & Convention Center dan Favehotel Jayapura) sejak kemarin masih aman, karena kita juga mendapat bantuan dari pihak kepolisian yang berjaga di depan hotel," jelas Regional Marketing Communication Manager Archipelago International East Indonesia, Amanda Dianova dihubungi oleh KompasTravel, Jumat (30/8).

Baca Juga: Empat titah Presiden Jokowi untuk penanganan kerusuhan Papua

Amanda menyebutkan pihak hotel tidak memberi himbauan khusus bagi tamu yang check in atau check out. Namun semua tamu yang ingin check in atau check out diberi arahan oleh pihak hotel agar tidak terkena dampak demonstrasi, khususnya kemarin.

Ada pula Horison Hotels Group yang memiliki tiga properti di sekitar Jayapura yakni Horison Jayapura, Horison Kotaraja Papua, dan Horison Express Sentani. Director of Marketing Communication Horison Hotels Group, Heni Juniarti dihubungi, Jumat (30/8) mengatakan salah satu properti yakni Horison Kotaraja Jayapura terkena lemparan batu dari demonstran sehingga memecahkan kaca gedung hotel.

"Tamunya memaklumi dan memahami karena ini adalah force major (musibah), mereka tidak tahu akan terjadi kondisi seperti itu," jelas Heni.

Baca Juga: Mendagri: Pemerintahan dan layanan publik di Papua tetap berjalan

Horison Jayapura yang berlokasi di tengah kota dan Horison Express Sentani yang terbilang jauh dari pusat kota terpantau aman. Sampai saat ini, ketiga hotel Horison beroperasi dengan normal selain Horison Express Sentani.

Manajemen Horison Express Sentani mengarahkan tamu untuk masuk dari pintu samping bukan dari lobi utama. Hotel lain yang beroperasi di pusat Jayapura adalah Hotel Sahid Papua.

Kondisi hotel dari kemarin sampai saat ini menurut Corporate Marketing Communication Manager Sahid Hotels & Resorts Lenny Julia terpantau aman.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan evaluasi menyeluruh penanganan di Papua

"Untuk petugas keamanan kami perbanyak jumlahnya dan kita terus berkomunikasi dengan aparat tentang situasi terkni. Stok makanan juga sudah kami persiapkan jadi tamu yang menginap tetap nyaman dan aman," jelas Lenny.

Saat ini, Hotel Sahid Papua memberi harga spesial bagi tamu yang ingin memperpanjang masa inap karena belum berani keluar dari hotel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kondisi Terkini Hotel-Hotel di Jayapura, Semua Turis Aman..."
Penulis : Silvita Agmasari
Editor : Wahyu Adityo Prodjo 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru