Sport

Virus corona menyebar, kualifikasi tinju Olimpiade 2020 pindah

Sabtu, 25 Januari 2020 | 23:00 WIB Sumber: Kompas.com
Virus corona menyebar, kualifikasi tinju Olimpiade 2020 pindah

ILUSTRASI. tempat kualifikasi tinju Olimpiade 2020 pindah

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kualifikasi cabang olahraga tinju untuk Olimpiade Tokyo 2020 dijadwal ulang dan akan dilangsungkan di kota Amman, Yordania. Sejatinya, kompetisi itu akan berlangsung pada awal Februari mendatang di Wuhan, China. 

Akan tetapi, BTF bersama Komite Olimpiade China sepakat memindahkan kompetisi ke Yordania lantaran wabah virus corona yang sudah menyebar luas. Pernyataan itu diumumkan oleh Gugus Tugas Tinju (BTF) Komite Olimpiade Internasional. 

Pertandingan kualifikasi zona Asia/Oseania untuk Olimpiade Tokyo 2020 musim panas ini akan diadakan di Amman, Yordania pada 3-11 Maret mendatang. 

Baca Juga: AFC geser pertandingan Liga Champions Asia dari Iran

"Event tersebut yang semula direncanakan diadakan di Wuhan, China, mulai 3-14 Februari dijadwal ulang setelah keputusan bersama oleh BTF dan Komite Olimpiade China untuk membatalkan pertandingan karena perkembangan kasus wabah virus corona," kata perwakilan IOC. 

"Setelah meninjau semua alternatif dengan seksama, BTF menyetujui proposal Komite Olimpiade Yordania hari ini untuk menentukan tanggal dan lokasi kompetisi sesegara mungkin demi kepentingan terbaik para atlet yang sedang mempersiapkan diri untuk kualifikasi." 

Cabang olahraga tinju nyaris dicoret dari daftar cabor Olimpiade Tokyo 2020 setelah serangkaian skandal. Badan Tinju Amatir (AIBA) dilucuti dari hak untuk mengatur kompetisi Olimpiade dan diganti dengan gugus tugas khusus. 

Baca Juga: Timnas sepak bola wanita Australia tetap lakoni kualifikasi Olimpiade di Wuhan

Wuhan, semula juga akan menjadi tuan rumah bagi China, Taiwan, Thailand, dan Australia untuk kualifikasi sepak bola wanita Grup B Asia pada 3-9 Februari 2020. Akan tetapi, turnamen itu juga dipindahkan ke bagian timur China, yakni kota Nanjing dengan tanggal yang sama. (Farahdilla Puspa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Virus Corona Menyebar di China, Kualifikasi Tinju Olimpiade 2020 Pindah ke Yordania".


Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru