Wahana Visi Indonesia Dukung Sekolah Sehat Melalui Program BOKS

Senin, 21 November 2022 | 16:47 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Wahana Visi Indonesia Dukung Sekolah Sehat Melalui Program BOKS

ILUSTRASI. Sejumlah siswa siswi mengikuti pembelajaran tatap muka di SDN 01 Pondok Labu, Jakarta, Senin (3/1/2022). KONTAN/Fransiskus SImbolon


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasca pembelajaran dari rumah (BdR) karena pandemi COVID-19 selama dua tahun membuat dunia pendidikan di Indonesia menaruh perhatian besar untuk mengembalikan semangat anak bersekolah tatap muka dan mengoptimalkan kesehatan serta kecukupan gizi anak. 

Hasil riset Wahana Visi Indonesia di tahun 2022 kepada 375 anak usia SD di Jakarta dan NTT juga menunjukkan hanya 40% anak Indonesia bergerak setidaknya 60 menit/hari berdasar standar WHO. 

Sementara itu, pengetahuan anak di area rural mengenai makanan bergizi masih rendah. Menjawab situasi tersebut, melalui investasi sosial Sun Life sebesar Rp miliar kepada World Vision Canada, Wahana Visi Indonesia dipercayakan mengelola program BOKS di Indonesia sebesar Rp 4,65 miliar untuk 3 tahun program BOKS. 

Program ini sejalan dengan kampanye Sekolah Sehat yang diusung oleh Kemendikbudristek RI dimana dua dari prioritasnya adalah sehat fisik dan sehat gizi.

Baca Juga: Mengenal Furgal Living, Gaya Hidup yang Banyak Dipakai Miliarder Dunia

Sejak 2021, BOKS mendorong pembiasaan kegiatan fisik, edukasi gizi seimbang serta pola hidup sehat lewat berbagai aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Lewat program BOKS, para guru dan kepala sekolah dikapasitasi agar dapat memfasilitasi dan mendukung pembiasaan kegiatan fisik anak lewat kegiatan olah raga yang menyenangkan, kegiatan permainan fisik seperti ice breaking di awal atau sela-sela pelajaran, dan mengaktifkan kembali budaya senam, memberikan pemahaman tentang gizi seimbang dan keamanan pangan dalam praktik sehari-hari, serta membiasakan siswa untuk membawa air minum ke sekolah. 

Diharapkan BOKS dapat berkontribusi dalam pencapaian generasi anak Indonesia yang sehat, kuat, dan merdeka.

Program BOKS yang diinisiasi di Amerika ini telah sukses membuat anak-anak hidup aktif dan sehat di beberapa negara maju lainnya; Kanada dan Jepang. Wahana Visi Indonesia dipercayakan mengelola program BOKS di Indonesia sebagai negara berkembang pertama yang melaksanakan BOKS. 

Beserta mitra sekolah, pemerintah lokal, program BOKS telah berhasil memberikan manfaat kepada 12,194 anak di Jakarta (urban) dan NTT (rural). Sejumlah 289 guru dan 51 Sekolah Dasar di Jakarta dan NTT juga telah dikapasitasi melakukan pembiasaan ini di sekolah-sekolah mereka. 

Misi baik ini akan terus berlanjut hingga Tahun 2024, hingga semakin banyak anak-anak Indonesia terpapar manfaat baik BOKS.

“Wahana Visi Indonesia turut berbangga bisa mendukung terwujudnya lingkungan belajar dan bermain yang sehat, aman, dan menyenangkan bagi anak terlebih pasca pandemi ini," ucap Saskia Rosita, Ketua Tim Program BOKS Wahana Visi Indonesia dalam keterangannya, Senin (21/11).

Baca Juga: Moonton dan Garudaku Akademi Bekali Siswa yang Ingin Terjun ke Esports

"Harapannya, program BOKS bisa diadopsi dan diterapkan di lebih banyak sekolah di berbagai wilayah di Indonesia sehingga makin banyak anak yang tumbuh dan berkembang dengan utuh, yakni sehat, kuat, dan bahagia, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Tentunya hal ini
hanya dapat tercapai jika semakin banyak pihak yang bergandengan tangan untuk sama-sama mewujudkannya”, jelasnya.

Di tahun kedua ini, program BOKS menargetkan adanya tambahan 50 sekolah dan 10 komunitas dampingan dan lebih dari 10.800 anak di Jakarta dan NTT akan mendapatkan hak mereka untuk aktif bergerak dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru