Gadget

WhatsApp kini bisa lakukan panggilan telepon di perangkat KaiOS RAM 512MB

Kamis, 10 Juni 2021 | 10:08 WIB   Penulis: Arif Budianto
WhatsApp kini bisa lakukan panggilan telepon di perangkat KaiOS RAM 512MB

ILUSTRASI. WhatsApp kini bisa lakukan panggilan telepon di perangkat KaiOS RAM 512MB


KONTAN.CO.ID - WhatsApp khusus KaiOS kini mendukung fitur panggilan telepon menggunakan sambungan internet. Semua perangkat KaiOS dengan minimal RAM 512MB bisa mencicipi update terbaru WhatsApp ini.

WhatsApp mungkin menjadi salah satu aplikasi wajib yang ada di smartphone. Tidak hanya itu saja, WhatsApp juga tersedia untuk feature phone alias ponsel peralihan yang memiliki sebagian fitur ponsel masa kini.

WhatsApp resmi meluncur untuk KaiOS, sebuah sistem operasi (OS) untuk feature phone dengan spesifikasi yang umumnya rendah tahun 2019 lalu. Tidak seperti smartphone yang kaya akan fitur serta spesifikasi yang bervariasi, feature phone memiliki spesifikasi yang cenderung rendah.

Tidak heran, feature phone dibanderol dengan harga yang tergolong murah. Meski demikian, feature phone yang menggunakan KaiOS bisa menggunakan beberapa aplikasi yang ada di smartphone.

Salah satunya WhatsApp, aplikasi sejuta umat ini rilis dan tersedia di KaiOS sejak tahun 2019. Sayangnya WhatsApp di KaiOS tidak memiliki fitur sebanyak di smartphone (Android & iOS).

Bahkan salah satu fitur wajib WhatsApp yang umum digunakan pengguna smartphone tidak tersedia. Fitur tersebut adalah panggilan telepon alias voice call, WhatsApp versi KaiOS pada awalnya tidak tersedia fitur tersebut.

Tetapi jangan sedih dulu, kabar baiknya WhatsApp versi KaiOS mendapatkan update terbaru yang menambahkan fitur VoIP (Voice over Internet Protocol). Lewat fitur tersebut, pengguna WhatsApp di perangkat KaiOS bisa melakukan panggilan telepon memanfaatkan koneksi internet.

Baca Juga: Pengguna non-Apple bisa mengakses FaceTime lewat Android dan Windows via web

Meskipun feature phone masih menggunakan jaringan 2G, WhatsApp VoIP menjadi solusi terbaik untuk melakukan panggilan telepon via WA di KaiOS.

WhatsApp KaiOS

Mengutip dari situs resmi KaiOS, berikut syarat yang harus dipenuhi untuk mengaktifkan fitur WhatsApp VoIP di perangkat KaiOS:

  • RAM: 512MB
  • WhatsApp versi terbaru 2.2110.41

Apabila Anda menggunakan perangkat KaiOS, seperti Nokia pastikan update aplikasi WhatsApp ke versi di atas supaya bisa mengakses fitur VoIP.

Selanjutnya: Adobe optimalkan Lightroom Classic, inDesign & Illustrator di Mac M1, performa naik

Editor: Arif Budianto
Terbaru