WhatsApp tidak bisa digunakan di Android 4.0.4, begini cara cek di HP Anda

Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:27 WIB   Penulis: Arif Budianto
WhatsApp tidak bisa digunakan di Android 4.0.4, begini cara cek di HP Anda

ILUSTRASI. WhatsApp tidak bisa digunakan di Android 4.0.4, begini cara cek di HP Anda.

KONTAN.CO.ID - WhatsApp atau WA tak bisa lagi digunakan di Android versi 4.0.4 atau Ice Cream Sandwich. Apakah HP Anda termasuk? Begini cara cek HP Anda menggunakan versi Android berapa.

Belakangan ini santer terdengar bahwa WhatsApp tak lagi bisa digunakan di beberapa HP Android dan iPhone mulai 1 November mendatang. Langkah yang diambil oleh WhatsApp itu memang cukup membuat para pengguna HP Android dan iPhone khawatir.

Bagaimana tidak? Mereka tidak bisa lagi menggunakan aplikasi yang populer ini mulai bulan depan. 

Apakah keputusan tersebut dapat mengurangi jumlah pengguna WhatsApp di seluruh dunia? Terutama, bagi mereka yang masih bertahan dengan perangkat lawasnya yang mungkin kondisinya masih cukup baik sehingga enggan untuk upgrade smartphone.

Sebelum Anda mengambil keputusan ingin membeli HP Android baru atau tidak, ada baiknya mengecek versi Android di perangkat tersebut.

Jangan terburu-buru mengambil keputusan, tanpa disadari ternyata versi Android di HP yang biasa Anda gunakan telah memenuhi syarat pemasangan WhatsApp.

Mengutip dari laman resmi WhatsApp, syarat untuk pemasangan aplikasi tersebut khususnya di perangkat Android adalah minimal versi 4.1. Nah, versi Android berapa yang digunakan pada HP Anda?

Baca Juga: Fitur baru WhatsApp bisa join video call di grup kapan saja, begini cara pakainya

Cara cek versi Android

Sistem operasi (OS) Android telah diadaptasi oleh berbagai merek smartphone di seluruh dunia. Tidak heran, beberapa pengaturan mungkin akan sedikit berbeda.

Namun demikian, untuk mengecek versi Android di HP, umumnya memiliki langkah yang serupa. Berikut cara mengecek versi Android yang berjalan di HP Anda:

  • Buka Pengaturan atau Settings
  • Pilih menu Tentang telepon atau About

Cara cek versi Android di HP Samsung

Setelah itu, bakal muncul informasi mengenai HP Android Anda, termasuk versi yang digunakan. Dalam beberapa kasus, contohnya, pada HP Samsung, Anda harus memilih menu Software Information untuk mengetahui versi Android yang digunakan.

Bila versi Android di HP Anda masih menggunakan 4.0.4 atau mungkin di bawahnya segera cek update. Bila ditemukan update, segera update untuk mendapatkan pembaharuan versi Android yang lebih baru supaya bisa menggunakan WhatsApp.

Setidaknya, bila HP Android Anda masih mendapatkan update hingga versi 4.1 maka masih aman menggunakan WhatsApp sampai 1 November mendatang atau bahkan lebih.

Selanjutnya: Fitur transfer chat history WhatsApp kini tersedia di Android 12, bukan hanya Samsung

Editor: Arif Budianto
Terbaru