Wujud asli mobil listrik Toyota bZ4X terungkap, jadi seri awal Beyond Zero

Senin, 19 April 2021 | 11:36 WIB Sumber: Motor1
Wujud asli mobil listrik Toyota bZ4X terungkap, jadi seri awal Beyond Zero

ILUSTRASI. Wujud asli mobil listrik Toyota bZ4X terungkap, jadi seri awal Beyond Zero


KONTAN.CO.ID - TOKYO. Konsep mobil listrik Toyota bZ4X telah diungkap dengan wujud asli. Pabrikan asal Jepang resmi memasukan segmen crossover mobil listrik yang siap untuk berkembang hingga tahun 2025.

Sebelumnya, wujud dari Toyota bZ4X telah diungkap beberapa kali dalam teaser berupa gambar dan video pada rentang satu bulan terakhir.

Mengutip dari Motor1Toyota berencana meluncurkan versi produksi bZ4X pada pertengahan 2022 dengan produksi berlangsung di Jepang dan China. Sayangnya, pembuat mobil belum bersedia untuk berbagi rincian pasar Amerika Serikat tentang mobil listrik tersebut.

Mobil listrik Toyota BZ4X memakai kisi-kisi heksagonal kecil di bagian bawah fasia dan berinsang vertikal di sudut. Lampu depan yang sempit masing-masing memiliki empat elemen LED dan strip untuk lampu siang hari di bagian atas.

Baca Juga: Rumor nama mobil listrik Toyota terbaru beredar, simak penjelasannya

Tampilan awal mobil listrik Toyota bZ4X

Secara profil, Toyota bZ4X memiliki pahatan yang rumit yang mencakup bagian berlekuk di sepanjang garis sisi samping mobil. Selain itu ada lipatan di bagian bawah pintu yang menekuk ke atas di spatbor belakang. Pilar C memiliki bentuk curam yang menghasilkan siluet tajam saat melihat mobil listrik dari samping.

Bagian belakang mobil listrik Toyota bZ4X mengikuti tren penggunaan strip lebar penuh untuk lampu belakang. Lampu dibekali dengan LED yang ditumpuk secara horizontal menciptakan tampilan yang futuristik.

Baca Juga: Inilah Humble One, mobil listrik dengan panel surya pertama di dunia

Bagian interior Toyota bZ4X, pengemudi melihat melalui setir ke cluster instrumen digital yang berada di ujung. Desainnya bertujuan untuk mencegah silau pada layar dengan tetap mempertahankan desain terbuka.

Mobil listrik Toyota bZ4X dibekali dengan layar infotainmen lebar ada di bagian atas dashboard tengah. Tombol untuk mengoperasikan sistem HVAC ada di bawahnya.

Baca Juga: Teaser mobil listrik Toyota terbaru kembali muncul, siap meluncur pekan depan

Tampilan awal mobil listrik Toyota bZ4X

Konsol tengah mobil listrik Toyota bZ4X menampung pengontrol tombol untuk mode penggerak. Selain itu ada tombol untuk beralih sistem bantuan, dan touchpad layar infotainment dengan cahaya biru.

Toyota tidak membahas detail spesifikasi mesin apa pun selain mengungkap bahwa bZ4X adalah penggerak semua roda. Model mobil listrik tersebut dihasilkan dari pengembangan bersama dengan Subaru, dan menggunakan platform e-TNGA untuk mobil listrik.

Baca Juga: Sosok mobil listrik Kia EV6 tampil pertama kali, bakal punya varian bertenaga

Varian "bZ" diketahui merupakan singkatan dari "Beyond Zero" dan merupakan sebutan Toyota untuk keluarga mobil listrik yang akan dirilis. Perusahaan asal Jepang telah mengajukan merek dagang untuk bZ1X bersama dengan bZ5X. Setiap mobil tanpa 'X,' menunjukkan tidak akan dibekali dengan penggerak semua roda.

Toyota berencana untuk memiliki tujuh model pada keluarga Beyond Zero di seluruh dunia pada tahun 2025. Sehingga tercatat varian mobil listrik selama ini akan diproduksi dengan total 15 varian mobil listrik.

Toyota juga mengungkap rencana untuk memiliki sekitar 70 produk dengan beberapa bentuk elektrifikasi.

Selanjutnya: Subaru siap rancang sepeda motor terbang, gambar patennya bocor ke publik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru