Xiaomi Akhirnya Resmi Perkenalkan MIUI 13, Tingkatkan Privasi dan Keamanan

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:55 WIB Sumber: GSM Arena
Xiaomi Akhirnya Resmi Perkenalkan MIUI 13, Tingkatkan Privasi dan Keamanan

ILUSTRASI. Xiaomi akhirnya resmi memperkenalkan MIUI 13, meningkatkan privasi dan keamanan.


KONTAN.CO.ID - Xiaomi akhirnya resmi memperkenalkan MIUI 13. Menawarkan serangkaian pembaharuan, termasuk tampilan, font baru, widget, hingga peningkatan keamanan dan privasi.

Setelah mengandalkan bocoran dan rumor yang tersebar di dunia maya, akhirnya informasi resmi terkait MIUI 13 terungkap sudah.

Bersamaan dengan pengumuman Xiaomi 12, Lei Jun, CEO dan Co-Founder Xiaomi mengungkapkan beberapa informasi seputar MIUI 13.

Mengutip dari GSMArena, MIUI 13 menghadirkan tampilan yang baru juga peningkatan fitur keamanan dan privasi.

MIUI 13 juga bakal mendukung ekosistem Xiaomi lewat produk elektronik lainnya, seperti smartphone, tablet, TV, perangkat smarthomesmart wearables, dan XiaoAI voice assistant.

Privasi menjadi hal yang sangat ditekankan bagi pengguna smartphone. Oleh karena itu, Xiaomi mengimplementasikan tiga langkah proses verifikasi eskipun ini mungkin berlaku di wilayah tertentu.

Untuk meningkatkan privasi pengguna di MIUI 13, Xiaomi menerapkan lapisan dasar yakni pengenalan wajah, diikuti membaca watermark dari ID pengguna, dan kemudian ada yang disebut sebagai "perlindungan penipuan elektronik".

Perlindungan penipuan elektronik ini memiliki catatan situs dan perangkat yang mungkin membawa malware.

Dari sisi penampilan, MIUI 13 memiliki wajah baru dari font yang diadaptasi. Kali ini, XIaomi memperkenalkan font baru yang diberi nama MiSans.

Baca Juga: Ada Malware, Galaxy Store Menjadi Sarang Aplikasi Android yang Berpotensi Berbahaya

Penampakannya bisa Anda simak di bawah ini.

Font terbaru MIUI 13 - MiSans 

Font baru MiSans terlihat elegan dan simpel, yang merupakan penyederhanaan dari font sans-serif.

Tidak hanya font saja yang baru, seluruh smartphone yang kebagian MIUI 13 juga akan mendapatkan wallpaper anyar. Selain itu, widget yang didesain ulang akan membuat layar utama smartphone Xiaomi Anda semakin cantik di MIUI 13.

Widget MIUI 13

Mengikuti jejak Apple dengan versi iOS yang berbeda untuk iPad, Xiaomi juga bakal mengembangkan MIUI 13 Pad yang dirancang untuk tablet.

Baca Juga: Samsung Akan Tinggalkan Android? Inilah OS Penggantinya yang Bernama Fuchsia OS

MIUI 13 Pad secara khusus dikembangkan untuk bekerja di layar yang lebih besar. Kabarnya, lebih dari 3000 aplikasi telah dikembangkan untuk mendukung fitur di MIUI 13 Pad, seperti drag-and-drop, pinch-to-resize, atau membuka aplikasi dalam jendela kecil.

Terlepas dari pengenalan MIUI 13, pertanyaan yang sangat ditunggu-tunggu oleh Mi Fans adalah kapan rilis?

Kabar baiknya, MIUI 13 kemungkinan akan hadir segera. Ini akan mendukung smartphone Xiaomi 12 dan Mi 11 pada awal Januari 2022.

Selain smartphone, MIUI 13 juga akan hadir untuk beberapa smart TV dan mempertimbangkan untuk seri Redmi dan Poco.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru