Yuk, cari tahu tentang macam-macam sistem pernapasan pada hewan

Rabu, 09 September 2020 | 15:32 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Yuk, cari tahu tentang macam-macam sistem pernapasan pada hewan


EDUKASI -  Seperti halnya makhluk hidup lainnya, hewan memiliki sistem pernafasan. Sistem ini membantu mereka mendapatkan oksigen yang penting untuk tubuh. 

Meskipun sama-sama hewan, binatang memiliki banyak perbedaan. Perbedaan tersebut terlihat dari habitat hingga organ tubuh. 

Salah satunya adalah sistem pernapasan. Sistem pernapasan hewan beragam tergantung tempat tinggalnya. Perbedaan ini membuat hewan bisa hidup sesuai dengan habitatnya.  

Apa saja macam-macam sistem pernapasan pada hewan? Simak ragam sistem pernapasan pada hewan yang KONTAN.co.id rangkum dari Lumen Learning dan Encyclopedia Britannica

Baca Juga: Serba-serbi bersin, mekanisme pertahanan tubuh yang menarik untuk diketahui

Sistem pernapasan pada hewan, paru-paru

Paru-paru

Mamalia, burung, dan sebagian amfibi menggunakan paru-paru untuk bernafas. Baik mamalia darat maupun air memiliki paru-paru. 

Paus dan lumba-lumba merupakan contoh mamalia laut. Untuk mendapatkan oksigen, mereka sesekali muncul ke permukaan. 

Berbeda dengan mamalia, alat pernapasan pada burung sedikit berbeda. Burung memiliki satu organ tambahan sebagai alat pernapasan. Saat tidak terbang, burung menggunakan paru-paru untuk bernafas. 

Sedangkan saat terbang, pundi-pundi udara membantu burung untuk bernafas. Organ ini merupakan kantung yang berfungsi menyimpan udara. 

Katak merupakan salah satu amfibi yang bernafas dengan paru-paru. Saat masih berbentuk kecebong, mereka menggunakan insang untuk bernafas. Jika sudah menjadi katak dewasa, mereka menggunakan paru-paru untuk bernafas. 

Baca Juga: Serupa tapi tak sama, ini perbedaan hewan vertebrata dan invertebrata

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru