Kental akan budaya, Festival Tidore 2018 bakal digelar akhir Maret

Selasa, 23 Januari 2018 | 10:01 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Kental akan budaya, Festival Tidore 2018 bakal digelar akhir Maret

ILUSTRASI. Begini Rencana Visit Wonderful Indonesia 2018


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Festival Tidore 2018 akan digelar pada 29 Maret sampai 12 April mendatang. Akan ada banyak suguhan istimewa yang bisa dinikmati wisatawan. Ada tiga event utama yaitu Parade Juanga, Penjelajahan Paji, dan Prosesi Kerajaan oleh Sultan Tidore. Selain itu, juga ada pembukaan Museum Maritim Dunia di Istana Tidore.

Kepala Dinas Pariwisata Tidore, Yakub Husain mengatakan, lewat festival ini wisatawan diajak mengenal berbagai prosesi adat tanah Tidore. Ada prosesi Kota Tupa, prosesi Tag Jie, prosesi Rora Dange Ake Dango dan pawai Ny Puja Nyilu. Yang pasti semua prosesi ini sangat kental dengan nilai budaya dan tradisi daerah kepulauan ini.

"Yang paling menarik perhatian yaitu perahu-perahu tradisional yang unik dan tari-tarian menawan khas Maluku Utara. Seperti tarian tradisional Cakalele dan Soya-soya," ujar Yakub dalam keterangan pers.

Untuk sampai ke Tidore, dari Jakarta Anda bisa terbang menuju Bandara Babullah, Pulau Ternate. Ada maskapai Garuda, Sriwijaya Air dan Lion Air yang menempuh rute ini setiap hari.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan lewat darat ke pelabuhan Bastiong sekitar 10 menit. Dari situ transportasi laut harus ditempuh. Dari pelabuhan Bastiong menuju pelabuhan Rum di Pulau Tidore tersedia kapal feri waktu tempuh 30 menit dan speed boat waktu tempuh hanya 5 menit.

"Hotel yang tersedia memang baru satu. Tapi kami sudah menyiapkan guest house dan telah mengkoordinir rumah-rumah warga yang bisa dijadikan homestay," kata Yakub.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru