Spanyol sukses atasi Iran dengan skor tipis 1-0

Kamis, 21 Juni 2018 | 06:52 WIB   Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi
Spanyol sukses atasi Iran dengan skor tipis 1-0

ILUSTRASI. Tim sepakbola Spanyol


PIALA DUNIA 2018 - MOSKWA. Pertandingan Grup B antara Spanyol dan Iran berlangsung di stadion Kazan Arena. Saat peluit babak pertama ditiup Spanyol langsung mengurung pertahanan Iran yang bermain lebih banyak bertahan.

Spanyol tampil dengan persentase penguasaan bola yang sangat besar yakni 77%. Sedangkan Iran memilih parkir bus di pertahanan sendiri atau bertahan total untuk membendung serangan demi serangan Spanyol.

Di menit ke-25, Spanyol mendapat peluang melalui tendangan bebas. David Silva yang mengambil tendangan tersebut. Tendangannya masih mampu ditangkap kiper Iran, Alireza Beinranvand.

Spanyol kembali menciptakan peluang emas pada menit ke-30. Namun, tendangan David Silva menyambut umpan sundulan Sergio Ramos masih melambung.

Jelang akhir babak pertama tepatnya di menit 45+2, Timnas Spanyol nyaris mencetak gol ke gawang Iran lagi-lagi lewat David Silva. Namun tendangannya masih melenceng ke sisi kanan gawang Alireza setelah sempat membentur bek Iran. Hingga turun minum kedua tim masih bertahan dengan skor 0-0.

Memasuki babak kedua, para pemain Spanyol berusaha lebih sabar untuk membongkar pertahanan Iran yang bermain sangat rapat. Mereka juga terus melakukan kombinasi serangan.

Timnas Spanyol menciptakan dua peluang emas yang hanya berselang dua menit sejak menit ke-49. Peluang pertama tendangan Pique menyambut sepak pojok yang berhasil ditepis kiper Iran. Begitu pula tendangan Busquets dari luar kotak penalti yang kembali ditepis Alireza Beiranvand.

Menit ke-53, giliran pertahanan Spanyol dalam situasi berbahaya. Tendangan pemain Iran, Karim Rezaean nyaris membobol gawang David De Gea, namun masih melenceng tipis.

Akhirnya usaha Spanyol berbuah gol pada menit ke-54 melalui Diego Costa. Pemain kelahiran Brasil tersebut berhasil mencetak gol dengan memanfaatkan umpan terobosan dari Iniesta. Bola sempat dihalau bek Iran, tapi kembali memantul ke Diego Costa dan mengarah ke gawang Iran hingga masuk.

Iran sempat berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 berkat gol tendangan Saeid Ezzatollahi memanfaatkan umpan tendangan bebas. Namun, wasit menganulir gol tersebut setelah melihat Video Assistant Referee (VAR). Dan memang Saeid dalam posisi offside.

Memasuki menit ke-70 terjadi kemelut di depan gawang Iran. Tendangan Sergio Ramos mampu diblok bek Iran, bola berhenti tepat di depan gawang dan kemudian diserbu para pemain Spanyol lainnya. Namun, bola pun berhasil diamankan kiper Iran.

Di menit ke-82, Iran nyaris mencetak gol melalui skema umpan silang. Tandukan Mehdi Taremi menyambut umpan silang Vahid Amiri yang berhasil menerobos sisi kanan pertahanan Spanyol, masih melambung di atas mistar De Gea.

Hingga akhir babak kedua, skor tetap 1-0 untuk Spanyol. Dengan kemenangan ini Spanyol.tetap menjaga asa untuk bisa melangkah ke babak perdelapan final piala dunia tahun ini. Sementara Iran peluang Iran agak kian berat, lantaran di pertandingan berikut mereka akan bersua Portugal yang sebelumnya telah berhasil mengalahkan Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru