3 Jenis ikan hias yang mudah Anda pelihara

Selasa, 18 Agustus 2020 | 13:47 WIB   Penulis: Belladina Biananda
3 Jenis ikan hias yang mudah Anda pelihara

ILUSTRASI. Salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara adalah ikan cupang. Tribunnews/Jeprima


HOBI - JAKARTA. Ikan hias adalah salah satu jenis hewan yang menarik untuk dipelihara. Tentu saja, butuh usaha ekstra untuk merawat ikan hias dengan baik.

Namun, Anda tak perlu khawatir, kok, karena ada beberapa jenis ikan hias yang cukup mudah untuk dipelihara. Mengutip The Spruce Pets, berikut ikan hias yang cukup mudah untuk Anda pelihara:

Ikan mas

Ikan mas atau Carassius auratus adalah jenis ikan hias pertama yang cukup mudah untuk Anda pelihara. Jenis ikan hias ini gampang ditemukan karena dijual di mana-mana.

Ada banyak jenis ikan mas yang bisa Anda miliki, mulai dari comet, sarasa, hingga shubunkin. Menurut The Spruce Pets, ikan mas comet bisa jadi pilihan untuk pemula.

Baca Juga: Jenis tanaman hias outdoor yang mudah dirawat, tertarik memilikinya?

Ikan mas comet tersedia dalam varian warna hitam, putih, atau emas. Ikan mas comet bisa tumbuh hingga berukuran 14 inci.

Anda perlu menyiapkan sekitar 75 liter air untuk memelihara jenis ikan hias ini. Seiring dengan pertumbuhan tubuhnya, ikan mas membutuhkan ekosistem yang lebih besar pula.

Sistem pencernaan ikan mas tidak sebagus jenis ikan hias lainnya. Jadi, The Spruce Pets merekomendasikan untuk menerapkan peletted diet sehingga kotoran makanan dan amonia bisa berkurang.

Neon tetra

Meski ukuran tubuhnya kecil, neon tetra tetap menarik untuk Anda jadikan ikan hias pelengkap di akuarium. Jenis ikan hias ini memiliki warna biru dan merah yang membuat tampilan akuarium semakin berwarna.

Baca Juga: 3 Tanaman hias gantung indoor untuk mempercantik rumah

Ukuran tubuhnya yang kecil membuat neon tetra cukup mudah untuk Anda rawat. Neon tetra mampu tumbuh hingga mencapai 1–1,5 inci.

Jenis ikan hias ini senang hidup berkelompok. Jadi, Anda bisa mulai memelihara 3–5 ekor neon tetra dalam waktu yang sama.

Ikan cupang

Jenis ikan hias selanjutnya yang cukup mudah Anda pelihara adalah ikan cupang. Meski demikian, Anda perlu memelihara jenis ikan hias ini dengan benar agar bisa hidup lama dan bahagia.

Anda perlu menyiapkan sekitar 18 liter air untuk memelihara ikan cupang. Jangan lupa untuk menyediakan filter dan heater.

Baca Juga: 3 tanaman dalam ruangan untuk kesehatan, tertarik?

Karena tergolong jenis ikan hias tropis, ikan cupang perlu Anda pelihara di suhu 26–28 derajat Celcius. Semakin besar volume air, semakin mudah heater untuk menjaga kestabilan suhu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru