5 Rekomendasi Anime Sepak Bola, Dari yang Legendaris hingga Paling Baru

Kamis, 24 November 2022 | 16:31 WIB   Penulis: Arif Budianto
5 Rekomendasi Anime Sepak Bola, Dari yang Legendaris hingga Paling Baru

ILUSTRASI. 5 Rekomendasi Anime Sepak Bola, Dari yang Legendaris hingga Paling Baru


KONTAN.CO.ID - Inilah 5 anime bertema sepak bola, dari yang legendaris hingga paling baru. Anda bisa menyebutkan salah satunya? Yang jelas Captain Tsubasa masuk dalam daftar rekomendasi anime bertema sepak bola ini.

Lagi demam Piala Dunia 2022? Perlehatan akbar pertandingan sepak bola terbesar di dunia ini resmi bergulir mulai 20 November 2022. Turut meramaikan gelaran Piala Dunia 2022, bagi Anda yang hobi nonton anime mungkin ingin kembali menonton judul-judul yang bertema sepak bola.

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam judul anime dengan genre yang bervariasi. Mulai dari anime bergenre aksi, komedi, romantis hingga olahraga. Anime dengan genre olahraga pun beraneka ragam, contohnya seperti basket, bola voli, balap sepeda hingga olahraga yang populer sepak bola.

Apakah Anda masih ingat dengan judul anime sepak bola yang pernah ditonton sebelumnya? Kali ini penulis akan membahas rekomendasi anime sepak bola dari yang legendaris hingga paling baru di tahun 2022 ini. 

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini 5 anime sepak bola dari yang legendaris sampai yang paling baru tahun 2022.

Baca Juga: Nonton Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute Episode 8, Streaming Sub Indo di Bstation

1. Captain Tsubasa

Siapa yang tidak kenal dengan anime berjudul Captain Tsubasa ini? Kata-kata yang melekat dengan tokoh bernama lengkap Tsubasa Ozora ini adalah "bola adalah teman".

Bakat sepak bola yang sudah dari kecil ia geluti membuat dirinya memenangkan pertandingan sepak bola sejak SD hingga mewakili Timnas Jepang di pertandingan tingkat dunia. Anime Captain Tsubasa juga menghadirkan kisah yang menarik dari Tsubasa yang bertemu dengan teman-teman barunya, hingga menemukan rivalnya Kojiro Hyuga.

Masih ingat dengan jurus tendangan maut Tsubasa? 

2. Inazuma Eleven

Inazuma Eleven merupakan anime sepak bola yang menceritakan tentang Mamorou Endou yang berjuang mempertahankan klub sepak bola Raimon Junir High yang awalnya hanya memiliki 7 pemain.

Sayangnya klub sepak bolanya terancam dibubarkan apabila masih kekurangan orang atau kalah dalam pertandingan melawan tim sepak bola dari Akademi Teikoku.

Dengan semangat, Mamoru berusaha kerasa untuk memenangkan pertandingan tersebut. Meski skornya terpaut begitu jauh, yakni 20-0, akhirnya mereka dapat memasukkan satu gol ketika murid pindahan yang bernama Shuuya masuk ke pertandingan.

Di saat pertandingan belum usai, Teikoku membatalkan laga tersebut yang artinya pemenangnya adalah Raimon.

Dari situlah perjalnaan Mamorou dimulai sebagai kiper dengan jurus tangan dewanya ini (God Hand).

Baca Juga: Nonton Chainsaw Man Episode 7 Sub Indo Resmi, Streaming Tersedia di Platform Ini

3. Area no Kishi

Area no Kishi atau The Knight ini the Area merupakan anime sepak bola yang diangkat dari manga dengan judul serupa karya Kaya Tsukiyama.

Bercerita tentang Kakeru dan Suguru yang merupakan saudara dan punya hasrat yang membara dengan sepak bola. Namun, saat Suguru menajdi bintang baru dalam sistem sepak bola pemuda Jepang, Kakeru justru memutuskan untuk mengambil peran manajerial setelah berjuang di lapangan.

Takdir yang begitu kejam memaksa Kakeru akhirnya mengevaluasi kembali peran yang telah dipilihnya ini.

Dengan harapan suatu saat bisa masuk Piala Dunia dengan menjadi anggota Timnas, Kakeru berlatih lebih keras dari siapapun. Namun, dia tidak sendirian dalam pencarian ini.

Teman masa kecil Kakeru yang bernama Nana, dia dapat disebut seabgai keajaiban sepak bolanya sendiri, dengan panggilan "Little Witch".

Dia adalah pemain sepa bola top yang bermain untuk tim Nadeshiko Japan, yakni Timnas perempuan Jepang.

Dari situlah Kakeru mendapatkan dorongan ekstra dari Nana untuk mencapai golnya.

4. Ao Ashi

Ao Ashi anime sepak bola yang menceritakan tentang tokoh bernama Ashito Aoi yang memasuki tahun ketiganya di SMA Ehime. Dimulai dari situ, dia bertemu dengan pelatih sepak bola bernama Tatsuya Fukuda.

Meskipun berbakat, Ashito adalah anak yang sulit, tetapi Fukuda percaya padanya dan mengundangya untuk bergabung dengan timnya sendiri.

Dari sinilah Ashito akan mengubah wajah sepak bola Jepang yang disajikan dalam anime Ao Ashi.

Baca Juga: Siapa Original Gotei 13? Inilah Daftar Nama Kapten Gotei 13 yang Dibentuk Yamamoto

5. Blue Lock


Anime Blue Lock

Blue Lock adalah salah satu anime terbaru yang masuk dalam jajaran musim gugur atau Fall 2022. Bertemakan sepak bola, anime Blue Lock menceritakan sebuah project bernama Blue Lock.

Mengambil cerita ketika Jepang tersingkir dari Piala Dunia FIFA 2018, mendorong Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) untuk memulai program pencarian pemain-pemain tingkat SMA yang akan memulai pelatihan dalam persiapan Piala Dunia FIFA 2022.

Isagi Yoichi yang menajdi penyerang, menerima undangan untu mengikuti program ini setelah tim sekolahnya kalah pada babak final kejuaraan daerah. 

Project Blue Lock ini akan menyaring 300 penyerang tingkat SMA di seluruh penjuru Jepanng yang nantinya akan bersaing untuk menjadi  yang terbaik. Layaknya dalam sebuah permainan battle royale, semua penyerang ini akan bersaing sebagai yang terbaik.

Siapa yang dapat bertahan dan memperoleh skor tertinggi akan menjadi penyerang Tim Nasional Jepang pada Piala Dunia FIFA 2022, tentunya dalam versi anime ini.

Demikian rekomendasi anime bertema sepak bola dari yang legendaris sampai yang paling baru. Apakah masih ada judul anime di atas yang belum sempat Anda tonton?

Selanjutnya: B20 Dukung Dekarbonisasi dan Just Transition Melalui Pembangunan Infrastruktur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru