6 Wisata Kuliner di Brebes yang Khas dan Cocok Jadi Oleh-Oleh, Ada Telur Asin

Minggu, 14 Juli 2024 | 06:25 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Wisata Kuliner di Brebes yang Khas dan Cocok Jadi Oleh-Oleh, Ada Telur Asin

ILUSTRASI. Catat beragam wisata kuliner di Brebes yang khas dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh.


KULINER - Catat beragam wisata kuliner di Brebes yang khas dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Salah satu kuliner Brebes yang menjadi favorit wisatawan ada telur asin Brebes.

Brebes, sebuah kota di Jawa Tengah, terkenal dengan berbagai kuliner khas yang menggugah selera. 

Melansir dari laman Pemerintah Kabupaten Brebes, salah satu kota di Jawa Tengah tersebut memiliki banyak potensi kuliner yang enak salah satunya adalah sate.

Baca Juga: Cara Download Convert Video Youtube Jadi MP3, Coba MP3 Juice

Ketika berkunjung ke Brebes, pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa hidangan berikut yang menjadi ikon kuliner kota ini:

1. Telur Asin Brebes

Telur asin adalah salah satu makanan yang paling terkenal dari Brebes. Proses pembuatan telur asin yang khas ini melibatkan perendaman telur bebek dalam campuran garam, sehingga menghasilkan telur dengan cita rasa asin yang nikmat. Telur asin Brebes memiliki tekstur kuning telur yang kenyal dan rasa yang gurih, cocok dijadikan camilan atau pelengkap hidangan utama.

Baca Juga: 6 Wisata Kuliner di Padang yang Khas dan Menarik Dicoba, Sudah Pernah?

2. Sate Blengong

Blengong adalah hewan hasil persilangan antara itik dan mentok. Daging blengong memiliki tekstur dan rasa yang unik, lebih lezat dibandingkan dengan daging itik atau mentok biasa. Sate blengong di Brebes biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang kaya akan rasa, dan sering dijual di warung-warung makan pinggir jalan. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai makan siang atau makan malam.

3. Kupat Glabed

Kupat glabed adalah kuliner khas Brebes yang terdiri dari kupat (ketupat) yang disajikan dengan kuah kuning kental yang terbuat dari campuran santan dan bumbu rempah. Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan potongan tahu, tempe, dan kerupuk. Rasa gurih dan sedikit pedas dari kuah kuningnya menjadikan kupat glabed sebagai salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berada di Brebes.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Spanyol vs Inggris Jelang Laga Final Euro 2024, Simak!

4. Soto Batok Brebes

Soto Batok adalah salah satu kuliner Brebes berupa varian soto yang unik karena disajikan dalam batok kelapa. Soto ini memiliki kuah bening yang segar, dengan isian berupa daging sapi, tauge, dan daun bawang. Rasa kuahnya yang ringan dan menyegarkan sangat cocok dinikmati di siang hari. Penyajian dalam batok kelapa memberikan sentuhan estetika dan aroma khas yang menggugah selera.

5. Pepes Ikan Wader

Ikan wader adalah ikan kecil yang banyak ditemukan di perairan sungai di Brebes. Pepes ikan wader adalah salah satu kuliner favorit yang dimasak dengan bumbu rempah, dibungkus daun pisang, dan kemudian dikukus atau dibakar. Aroma daun pisang dan bumbu rempah yang meresap membuat pepes ikan wader memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Baca Juga: 8 Wisata Kuliner di Bandung yang Khas dan Menarik Untuk Dicoba

6. Kacang Sangrai Brebes

Selain telur asin, Brebes juga terkenal dengan kacang sangrainya. Kacang sangrai Brebes memiliki tekstur yang renyah dan rasa gurih yang pas. Proses sangrai tradisional yang digunakan oleh para pengrajin lokal menghasilkan kacang dengan kualitas tinggi yang cocok dijadikan oleh-oleh khas dari Brebes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru