7 Wisata Kuliner di Garut yang Khas, Pernah Coba Dodol Garut?

Minggu, 30 Juni 2024 | 07:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Wisata Kuliner di Garut yang Khas, Pernah Coba Dodol Garut?

ILUSTRASI. Pekerja mengemas dodol di Pabrik Produksi Dodol Picnic, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (20/2/2020). Pemilik usaha makanan khas garut dodol Picnic yang berdiri sejak tahun 1949 tersebut menyambut baik dengan adanya pembatasan impor gula pasir atau gula rafinasi karena bahan baku dodol tersebut menggunakan gula pasir lokal dengan kapasitas produksi tiga sampai lima ton per hari. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj.


KULINER - Ada banyak wisata kuliner di Garut yang enak dan menjadi khas. Salah satu kuliner Garut yang cukup menarik perhatian di antaranya adalah Dodol Garut.

Garut merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat, tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan kuliner khasnya yang lezat dan beragam. 

Banyaknya wisata kuliner di Garut juga didukung oleh pemerintah setempat supaya wisatawan berdatangan.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Siapa Lawannya?

Melansir dari laman resmi Pemerintan Kabupaten Garut, Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin, menegaskan dukungan Pemerintah Kabupaten Garut terhadap pengembangan wisata kuliner. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Garut yang enak dan wajib dicoba:

1. Dodol Garut

Dodol Garut adalah oleh-oleh khas yang paling terkenal dari Garut. Dengan tekstur kenyal dan rasa manis yang khas, dodol ini menjadi favorit banyak orang. Beberapa varian rasa yang populer adalah dodol original, dodol susu, dan dodol wijen. Anda dapat menemukan dodol Garut di berbagai toko oleh-oleh di sekitar kota.

2. Bakso Aci

Bakso aci adalah salah satu makanan khas Garut yang terbuat dari tepung kanji. Berbeda dengan bakso pada umumnya yang terbuat dari daging, bakso aci memiliki tekstur kenyal dan disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Bakso aci biasanya dilengkapi dengan ceker ayam, tahu, dan siomay.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Wisata Kuliner di Lampung yang Enak dan Patut Dicoba

3. Es Goyobod

Es goyobod adalah minuman segar khas Garut yang sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Minuman ini terbuat dari campuran es serut, santan, dan potongan daging kelapa muda. Es goyobod biasanya juga dilengkapi dengan potongan buah nangka, alpukat, dan cincau, serta disiram dengan sirup manis.

4. Nasi Liwet

Nasi liwet adalah makanan tradisional Sunda yang juga populer di Garut. Nasi ini dimasak dengan santan dan rempah-rempah sehingga memiliki aroma yang khas dan rasa yang gurih. Nasi liwet biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tempe, tahu, dan sambal terasi.

5. Chocodot

Chocodot atau coklat dodol adalah inovasi dari dodol Garut yang dikombinasikan dengan coklat. Rasa manis dodol yang khas berpadu dengan lezatnya coklat, menciptakan perpaduan yang unik dan nikmat. Chocodot menjadi oleh-oleh modern yang digemari banyak wisatawan.

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner di Banjar yang Enak dan Wajib Dicoba, Catat Ya!

6. Burayot

Burayot adalah kue tradisional khas Garut yang terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan kelapa parut. Kue ini memiliki rasa manis yang khas dan tekstur yang kenyal. Burayot biasanya dijadikan camilan atau oleh-oleh untuk dibawa pulang.

7. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom adalah nasi yang dicampur dengan oncom, yaitu fermentasi kedelai yang memiliki cita rasa khas. Nasi ini biasanya disajikan dengan lauk sederhana seperti ayam goreng, lalapan, dan sambal. Nasi tutug oncom merupakan makanan yang sangat lezat dan menggugah selera.

Selanjutnya: 9 Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan Kulit, Kulit Auto Bersih!

Menarik Dibaca: 9 Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan Kulit, Kulit Auto Bersih!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru