6 Wisata Kuliner di Salatiga yang Khas dan Menarik Untuk Dicicipi

Minggu, 04 Agustus 2024 | 05:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Wisata Kuliner di Salatiga yang Khas dan Menarik Untuk Dicicipi

ILUSTRASI. Catat beberapa wisata kuliner di Salatiga yang khas dan menarik untuk dicicipi.


KULINER - Catat beberapa wisata kuliner di Salatiga yang khas dan menarik untuk dicicipi. Salah satu kuliner khas Salatiga yang wajib dicoba di antanya Soto Esto.

Salatiga, sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang dikenal dengan udara sejuknya, memiliki beragam kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. 

Melansir dari laman Disbudpar Kota Salatiga, Salatiga menjadi kota kuliner legendaris dan menarik perhatian selain keindahan alamnya.

Baca Juga: Top Skor Piala Presiden 2024, Charles Lokolingoy Bersaing dengan Ramadhan Sananta

Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Salatiga:

1. Soto Esto

Soto Esto adalah salah satu ikon kuliner di Salatiga. Soto ini disajikan dengan kuah bening yang segar dan memiliki rasa gurih yang khas. Soto Esto biasanya dihidangkan dengan daging sapi, tauge, dan taburan bawang goreng. Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk menambah kesegarannya.

2. Tahu Gimbal

Tahu Gimbal merupakan makanan yang terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, tauge, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung). Semua bahan tersebut disiram dengan saus kacang yang kental dan sedikit pedas. Rasanya gurih dan lezat, cocok disantap kapan saja.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas Aceh yang Enak dan Sayang Jika Dilewatkan

3. Ronde Sekoteng Jago

Ronde Sekoteng Jago adalah minuman tradisional yang menghangatkan tubuh, sangat cocok diminum di udara dingin Salatiga. Ronde ini terbuat dari bola-bola ketan berisi kacang yang disajikan dengan kuah jahe panas, dilengkapi dengan kolang-kaling, kacang tanah, dan potongan roti tawar.

4. Enting-Enting Gepuk

Enting-Enting Gepuk adalah camilan khas Salatiga yang terbuat dari kacang tanah dan gula merah. Rasanya manis dan gurih, dengan tekstur yang renyah. Enting-Enting Gepuk sering dijadikan oleh-oleh khas dari Salatiga.

5. Nasi Tumpang

Nasi Tumpang adalah nasi yang disajikan dengan sambal tumpang, yaitu sambal yang terbuat dari tempe semangit (tempe yang sudah hampir busuk) yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan santan. Rasanya unik dan khas, perpaduan antara gurih dan sedikit pedas.

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Bengkulu yang Menarik Perhatian, Apa Saja?

6. Sate Sapi Suruh

Sate Sapi Suruh merupakan sate khas yang berasal dari daerah Suruh, dekat Salatiga. Sate ini menggunakan daging sapi yang empuk dan dibakar dengan bumbu kecap yang manis. Biasanya disajikan dengan lontong dan sambal kacang yang gurih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru