6 Wisata Kuliner di Semarang yang Khas dan Lezat, Coba Lumpia Asli

Sabtu, 20 Juli 2024 | 16:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Wisata Kuliner di Semarang yang Khas dan Lezat, Coba Lumpia Asli

ILUSTRASI. Ada beberapa wisata kuliner di Semarang yang khas dan lezat.


KULINER - Ada beberapa wisata kuliner di Semarang yang khas dan lezat. Salah kuliner di Semarang yang wajib dicoba ada Lumpia Semarang.

Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan bangunan bersejarah dan pemandangan indahnya, tetapi juga dengan kulinernya yang khas dan lezat. 

Melansir dari laman Pemerintah Kota Semarang, ada berbagai kuliner khas semarang yang diburu wisatawan mulai dari lumpia, tahu pong, tahu gimbal dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Persib Bandung Kalahkan PSM Makassar 2-0 di Piala Presiden 2024

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Semarang yang wajib dicoba:

1. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah ikon kuliner kota ini. Lumpia ini berisi campuran rebung, telur, udang, atau ayam yang dibungkus dengan kulit lumpia yang renyah. Disajikan dengan saus manis dan pedas, serta acar timun, lumpia ini menjadi favorit banyak orang.

2. Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah salah satu kuliner khas Semarang berupa hidangan yang terdiri dari tahu goreng, lontong, taoge, kol, telur, dan gimbal (bakwan udang). Semuanya disiram dengan saus kacang yang gurih dan manis. Tahu gimbal memiliki tekstur dan rasa yang unik, membuatnya menjadi salah satu makanan wajib coba di Semarang.

Baca Juga: 7 Wisata Kuliner di Makassar yang Enak, Catat Makanan Ini!

3. Soto Bangkong

Soto Bangkong adalah kuliner Semarang berupa soto ayam dengan kuah bening yang gurih dan disajikan dengan nasi, irisan ayam, bihun, dan taburan bawang goreng. Nama "Bangkong" berasal dari nama jalan tempat warung soto ini berdiri.

4. Nasi Gandul

Nasi gandul adalah hidangan khas Pati yang populer di Semarang. Hidangan ini terdiri dari nasi putih yang disiram dengan kuah daging yang gurih dan sedikit manis, biasanya disajikan dengan potongan daging sapi atau jeroan.

5. Mie Kopyok

Mie kopyok adalah hidangan mie khas Semarang yang disajikan dengan tahu pong, lontong, taoge, dan kerupuk gendar. Kuahnya yang segar dan ringan membuat mie kopyok menjadi pilihan yang pas untuk sarapan atau makan siang.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Solo yang Tidak Boleh Terlewatkan, Apa Saja?

6. Es Cong Lik

Setelah menikmati berbagai makanan berat, jangan lupa mencicipi es cong lik khas Semarang yang segar dan manis. Es ini terdiri dari campuran es serut, sirup, kacang hijau, kelapa muda, cincau, dan kolang-kaling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru