9 Wisata Kuliner di Samarinda yang Enak, Mau Coba?

Rabu, 24 Juli 2024 | 13:20 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
9 Wisata Kuliner di Samarinda yang Enak, Mau Coba?

ILUSTRASI. Catat beragam wisata kuliner di Samarinda yang enak untuk dicoba.


KULINER - Catat beragam wisata kuliner di Samarinda yang enak untuk dicoba. Tak hanya kuliner, banyak juga destinasi wisata di Samarinda yang menarik untuk dikunjungi.

Samarinda, ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, tidak hanya terkenal dengan sungai Mahakam yang megah, tetapi juga dengan keanekaragaman kulinernya yang kaya. 

Melansir dari laman Diskominfo Kalimantan Timur, sambal khas Kalimantan Timur termasuk Samarinda menjadi salah satu sambal menarik perhatian masyarakat.

Baca Juga: Cek Harga Emas Hari Ini di Pegadaian Rabu (24/7/2024) Antam, UBS Masih Stagnan

Jika Anda berkunjung ke kota ini, pastikan untuk mencicipi beberapa hidangan khas yang menggugah selera berikut ini:

1. Soto Banjar

Meskipun berasal dari Banjarmasin, Soto Banjar sangat populer di Samarinda. Hidangan ini terdiri dari kuah kaldu ayam yang kaya rasa, dicampur dengan potongan ayam, telur, dan perkedel kentang. Biasanya disajikan dengan nasi atau lontong, Soto Banjar merupakan pilihan sarapan yang sempurna.

2. Nasi Kuning Samarinda

Nasi kuning di Samarinda berbeda dari nasi kuning di tempat lain karena menggunakan bumbu rempah yang lebih kaya. Hidangan ini biasanya disajikan dengan ayam goreng, sambal, telur balado, dan serundeng. Kombinasi rasa gurih dan pedasnya akan membuat Anda ketagihan.

Baca Juga: 15 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta Tahun 2024 Versi 4ICU

3. Ayam Cincane

Ayam Cincane adalah salah satu kuliner khas Samarinda yang paling terkenal. Ayam yang telah dibumbui dengan rempah-rempah khas Kalimantan, kemudian dipanggang hingga matang. Ayam Cincane biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal khas yang pedas. Rasa daging ayam yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna akan memanjakan lidah Anda.

4. Sate Payau

Sate Payau adalah sate yang terbuat dari daging rusa, yang merupakan salah satu kuliner eksotis di Samarinda. Daging rusa dikenal lebih empuk dan memiliki rasa yang unik. Sate ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan sedikit pedas, menjadikannya pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

5. Pepes Kepiting

Pepes Kepiting adalah hidangan kepiting yang dibumbui dengan rempah-rempah khas, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Rasa manis dan gurih dari daging kepiting berpadu dengan aroma rempah dan daun pisang, memberikan cita rasa yang sangat lezat dan khas.

Baca Juga: Top Skor Piala Presiden 2024: Stiker Baru Borneo FC Leo Gaucho

6. Gence Ruan

Gence Ruan adalah ikan gabus yang dibakar dengan bumbu rempah khas Samarinda. Ikan ini diolah dengan cara dibakar dan diberi bumbu kecap manis yang dicampur dengan cabai dan rempah-rempah lainnya. Gence Ruan biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal, menciptakan kombinasi rasa yang nikmat.

7. Jahitan Sayur

Jahitan Sayur adalah sayur bening khas Samarinda yang terbuat dari berbagai macam sayuran seperti kangkung, labu siam, dan kacang panjang, yang dimasak dengan bumbu rempah dan kuah kaldu ayam. Hidangan ini sangat segar dan cocok sebagai pendamping nasi kuning atau nasi putih.

8. Es Teler

Setelah menikmati hidangan-hidangan berat, jangan lupa untuk mencicipi Es Teler Samarinda. Es Teler di sini terkenal dengan kelezatannya yang khas, terdiri dari campuran buah-buahan segar, seperti alpukat, kelapa muda, nangka, dan ditambah dengan susu kental manis dan es serut. Sangat menyegarkan di tengah cuaca Samarinda yang panas.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Salatiga yang Patut Dicoba, Apa Saja?

9. Pisang Gapit

Pisang Gapit adalah makanan ringan yang terbuat dari pisang yang dipanggang dan disiram dengan saus gula merah yang kental. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat Pisang Gapit menjadi camilan yang sempurna untuk mengakhiri perjalanan kuliner Anda di Samarinda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru