Apa Saja Kriteria Penilaian SNBP 2023? Simak Jenis Prestasi yang Masuk Penilaian SNBP

Kamis, 17 November 2022 | 14:38 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Apa Saja Kriteria Penilaian SNBP 2023? Simak Jenis Prestasi yang Masuk Penilaian SNBP

ILUSTRASI. Apa Saja Kriteria Penilaian SNBP 2023? Simak Jenis Prestasi yang Masuk Penilaian SNBP.


KONTAN.CO.ID -  Seleksi Nasional Berbasis Prestasi atau SNBP merupakan seleksi pengganti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) pada tahun 2023.

Seperti yang sudah diketahui oleh masyarakat, SNMPTN merupakan seleksi yang menggunakan nilai mata pelajaran (mapel) tertentu sesuai dengan jurusan saat masih SMA/SMK sederajat.

Jalur ini dikenal sebagai jalur prestasi karena menggunakan nilai rapor siswa dengan minimal nilai tertentu. 

Bersumber dari Tayangan YouTube Kemendikbud Ristek, Merdeka Belajar Episode 22: Transformasi Seleksi Masuk PTN, Sebelumnya jalur seleksi SNMPTN ini memisahkan calon mahasiswa berdasarkan jurusan di pendidikan sebelumnya.  

Baca Juga: Referensi SNBT 2023, Cek Jurusan di UI yang Buka Kuota Mahasiswa Terbanyak 2022

Siswa dibatasi berdasarkan pilihan jurusan saat di sekolah dan mata pelajaran dan nilai tertentu dalam seleksi jalur ini. 

Hal ini membuat siswa dan guru hanya fokus pada mata pelajaran yang masuk dalam penilaian Seleksi SNMPTN.

"Padahal di masa depan, peserta didik sangat membutuhkan kompetensi yang holistik dan multi disiplin," jelas Mendikbudristek Nadiem Makarim seperti dikutip dari kanal YouTube Kemendikbud Ristek (7/9).

Peraturan SNMPTN terbaru tahun 2023

Tidak ada pekerjaan yang membutuhkan satu disiplin ilmu saja. Contohnya seperti Insinyur yang membutuhkan ilmu dasar teknik namun juga membutuhkan ilmu tentang desain. 

Ada juga pengacara yang wajib mengetahui ilmu dasar hukum namun juga perlu memiliki pengetahuan tentang cara berkomunikasi yang baik. 

Atau seorang sutradara film yang perlu memahami ilmu dasar perfilman namun juga perlu memiliki ilmu pemasaran untuk memasarkan hasil karyanya. 

Artinya, tidak ada satu mata pelajaran yang dianggap paling penting dan mata pelajaran lain dianggap tidak terlalu penting.

Agar siswa bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan, aturan pelaksanaan SNMPTN tahun depan diubah.

Baca Juga: 20 Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan Versi WEF, Tertarik Menggelutinya?

Tidak ada lagi penilaian berdasarkan mata pelajaran tertentu, namun seluruh mata pelajaran akan menjadi pertimbangan penilaian. Berikut ini peraturan terbaru pelaksanaan SNMPTN tahun 2023:

1. Minimal 50 persen rata-rata rapor seluruh mata pelajaran

2. Maksimal 50 persen komponen pengganti minat dan bakat, diantaranya:

  • Nilai rapor dari maksimal 2 mata pelajaran, dan/atau
  • Prestasi, dan/atau
  • Portofolio, khusus untuk program studi seni dan olahraga

PTN dipersilakan untuk menentukan komposisi persentase komponen poin 1 dan 2 dengan total 100 persen. selain itu PTN juga bisa menentukan sub-komponen untuk komponen 2 dan komposisi persentase bobotnya

Lebih lanjut, ketentuan tersebut bisa berbeda antar-prodi dalam PTN yang sama yang artinya jurusan satu dengan yang lain bisa berbeda tergantung dengan kebutuhan dari PTN yang bersangkutan.

Mengingat peraturan seleksi yang berubah, siswa sebaiknya mulai mempelajari apa saja yang dibutuhkan untuk mengikuti seleksi SNBP tahun depan. 

Selain SNBP, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga diganti dengan Seleksi Nasional Berbasis Tes atau SNBT.

Seleksi ini akan fokus pada kemampuan penalaran siswa dengan mengujikan tes skolastik, berbeda dengan SBMPTN yang fokus pada materi pelajaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru