Apple: Segera update iPhone, iPad & Mac untuk mengurangi resiko terinfeksi malware

Rabu, 28 Juli 2021 | 11:02 WIB Sumber: PCMag
Apple: Segera update iPhone, iPad & Mac untuk mengurangi resiko terinfeksi malware

ILUSTRASI. Apple: Segera update iPhone, iPad & Mac untuk mengurangi resiko terinfeksi malware

KONTAN.CO.ID - Apple memperingaktan kepada pemilik iPhone, iPad dan Mac untuk segera melakukan update software ke versi terbaru. Update sistem operasi (OS), termasuk iOS, WatchOS dan macOS terbaru menghadirkan patch keamanan yang mengurangi resiko terinfeksi malware.

Baru-baru ini, Apple telah merilis sebuah update untuk sistem operasi (OS) besutannya, yakni iOS, WatchOS dan macOS. Update tersebut berisikan patch yang menambal keamanan untuk perangkat yang dirilis Apple, termasuk iPhone, iPad dan Mac.

Mengutip dari PCMag, Apple telah merilis update keamanan di iOS 14.7.1, iPadOS 14.7.1 dan macOS Big Sur 11.5.1. Dari ketiga OS tersebut, update yang rilis memperbaiki masalah kerusakan memori yang memungkinkan aplikasi untuk "mengeksekusi kode arbitrer hak istimewa kernel."

Menurut pihak Apple, update keamanan tersebut sangat penting karena mereka mengakui bahwa eksploitasi tersebut sudah digunakan secara aktif di luar sana.

Oleh sebab itu, hadirnya update keamanan di perangkat besutan Apple ini bakal menambal celah tersebut yang diduga bisa dieksploitasi oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Ilustrasi hacker atau kejahatan internet

Nah, apabila Anda menggunakan device atau perangkat rilisan Apple, segera melakukan update keamanan. Untuk melakukan update keamanan versi terbaru juga cukup mudah kok.

Baca Juga: Cek iPhone Anda, apakah sudah muncul update iOS 14.7?

Cara update iOS, iPadOS dan macOS ke versi terbaru

Untuk pengguna iPhone dan iPad, Anda bisa arahkan ke menu Settings > General > Software Update. Lalu tap atau ketuk "Download and Install".

Tunggu proses download dan install selesai, secara otomatis update atau pembaharuan tersebut terpasang di iPhone dan iPad Anda.

Bagi Anda pengguna Mac, buka menu System Preferences Software Update > Update Now. Tunggu proses download selesai, setelah itu, sistem Mac Anda akan meminta restart

Menurut laporan dari Bitdefender, eksploitasi zero-day dilaporkan ke Apple oleh ahli yang menggunakan nama "anonim". Apabila seorang peretas berhasil merusak memori, mereka dapat menjalankan kode arbiter dan ini telah digunakan untuk menyisipkan malware di perangkat Apple.

Selanjutnya: WhatsApp uji coba fitur kirim foto HD di iPhone, tersedia 3 opsi kualitas foto

Editor: Arif Budianto
Terbaru