CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Berguru sejarah Korea melalui drama kolosal


Minggu, 25 Agustus 2019 / 20:02 WIB

Berguru sejarah Korea melalui drama kolosal
ILUSTRASI. Drama Kolosal Korea


KONTAN.CO.ID -  BEKASI. Drama Korea kolosal atau saeguk sering kali terinspirasi dari kisah nyata. Rata-rata, cerita serta tokoh dari drakor kolosal mengadaptasi sejarah Korea itu sendiri. Pihak produksi mampu mengemas cerita sejarah yang rumit, menjadi drama Korea yang menarik untuk diikuti.

Berikut rekomendasi tiga drakorsaeguk yang diangkat dari kisah nyata:

1. Mr.Sunshine (2018)

Drama yang diproduksi Studio Dragon Hwa & Dam Pictures ini merupakan salah satu drama yang menjadi perbincangan dunia pada 2018 lalu. Penyebabnya karena biaya produksinya yang besar, penulis naskah dan sutradara, serta para pemain yang berbagung dalam seri drakor tersebut.

Baca Juga: Sempat ditunda, drakor Vagabond yang dibintangi Suzy dan Lee Seung Gi segera tayang

Anggaran produksi Mr.Sunshine yang ditayangkan di tvNdan Netflix ini mencapai 40 miliar won atau sekitar Rp 470,44 miliar. Mr.Sunshine menjadi drakor dengan pembuatan seri drama termahal kedua di Korea Selatan setelah Arthdal Chronicles.

Sementara, drama ini ditulis oleh Kim Eun Soek dan disutradarai oleh Lee Eung Bok yang keduanya pernah bekerja sama di drama mega hit Descendants of The Sun dan Goblin. Ditambah lagi, salah satu pemeran utama drama ini adalah Lee Byung Hun. Ia merupakan aktor Korea yang sudah terkenal di dunia internasional terutama karena aktingnya di film G.I. Joe.

Drama fiksi kolosal Mr.Sunshine menceritakan kisah tentang seorang anak laki-laki Joseon (sebutan Korea di masa lampau) yang terlahir sebagai budak. Ia lari dengan menaiki kapal perang Amerika dan tumbuh besar di sana.

Sebagai orang dewasa, anak yang bernama Eugene Choi (Lee Byung Hun) itu kembali ke negara asalnya. Namun, kepulangannya karena ia menjadi seorang tentara Amerika yang ditugaskan di Joseon. Ada juga tokoh bernama Go Ae Shin (Kim Tae Ri), putri bangsawan yang polos namun memiliki rahasia besar.

Serta tokoh bernama Goo Dong Mae (Yoo Yeon Seok), yang terlahir sebagai anak tukang daging di Joseon. Akan tetapi, setelah dewasa ia malah menjadi ketua dari perkumpulan Black Dragon Society.

Baca Juga: Film EXIT: Kejar-kejaran dengan gas beracun

Selain itu, drakor ini juga menyisipkan perjuangan Pasukan Kebenaran (Righteous Army). Sedikit spoiler,cerita di episode terakhir Mr.Sunshine disesuaikan dengan laporan berita yang dibuat oleh jurnalis asal Kanada, Frederick McKenzie.

Tepatnya mengenai Pasukan Kebenaran Korea (Righteous Army) yang ditulis McKenzie dalam bukunya yang berjudul Korea's Fight For Freedom.


Reporter: Yasmine Maghfira
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0026 || diagnostic_web = 0.2219

Close [X]
×