Sport

Bocoran seri pembuka MotoGP, akan berlangsung pada 19 Juli 2020

Sabtu, 02 Mei 2020 | 20:21 WIB Sumber: BolaSport
Bocoran seri pembuka MotoGP, akan berlangsung pada 19 Juli 2020

ILUSTRASI. Maverick Vinales menjajal Sirkuit Phillip Island

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bocoran jadwal dan lokasi balapan pembuka MotoGP 2020 telah diketahui. Valentino Rossi dkk. bakal memulai kompetisi di Spanyol. MotoGP tengah berusaha bangkit dari keterpurukan karena pandemi virus corona.

Pandemi virus corona memang tidak hanya berdampak terhadap kesehatan masyarakat dunia melainkan juga event olahraga seperti MotoGP. Roda kompetisi di MotoGP praktis berhenti sejak seri perdana di Qatar (8/3/2020) yang hanya melibatkan kelas Moto2 dan Moto3.

Baca Juga: Valentino Rossi masih memiliki motivasi untuk ikut balapan MotoGP 2021

Situasi ini memberikan kerugian bagi tim-tim balap. Tidak adanya balapan yang diikuti membuat mereka kehilangan pemasukan dari sponsor. Dorna Sports selaku pihak penyelenggara MotoGP telah membuat rencana untuk menggelar kembali grand prix balap motor itu pada pertengahan Juli.

"Rencana kami adalah memulainya pada akhir Juli," kata CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dilansir BolaSport.com dari laman MotoGP.

Ezpeleta sendiri enggan menyebut tanggal dan lokasi pasti dimulainya MotoGP 2020. Meski begitu, bocoran muncul bahwa kejuaraan bisa dimulai lebih awal.

Media otomotif Jerman, Speedweek.com, menulis bahwa balapan pembuka MotoGP 2020 akan digelar pada 19 Juli dan mengambil tempat di Sirkuit Jerez, Spanyol. "Speedweek telah mengetahui dari sumber terpercaya bahwa Dorna berencana memulai kembali kejuaraan di Jerez pada 19 Juli."

Baca Juga: Larangan acara kegiatan olahraga diperpanjang, MotoGP Belanda resmi ditunda

"Konsep ini sudah dibahas selama beberapa minggu, sedemikian sehingga 450 ton muatan telah diterbangkan langsung dari Doha ke Spanyol."

Rencana MotoGP untuk menghelat balapan berikutnya di Jerez tidak terlepas dari keterlibatan pemerintah setempat, dalam hal ini wilayah otonomi Andalusia. Pemerintah Andalusia berkeinginan menjadikan balapan MotoGP di kawasannya sebagai ajang promosi untuk sektor pariwisatanya.

"Pemerintah setempat ingin mempromosikan slogan 'Visit Andalusia' dalam balapan. Setelah lockdown, pariwisata harus dihidupkan kembali untuk paruh kedua tahun ini."

Secara kebetulan, MotoGP Virtual pada akhir pekan ini juga akan menggunakan Sirkuit Jerez. MotoGP Virtual akan digelar pada Minggu (3/3/2020). Apakah balapan virtual akan menjadi kesempatan MotoGP mengumumkan jadwal kejuaraan yang baru? Patut untuk ditunggu.

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Update MotoGP 2020 - Bocoran Seri Pembuka, Rossi dkk Bakal Mengaspal 19 Juli"

Editor: Handoyo .


Terbaru