HOME

Bukan cuma gowes, berikut 5 kegiatan seru bersama anak dengan sepeda

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 09:30 WIB Sumber: Bicyclensw
Bukan cuma gowes, berikut 5 kegiatan seru bersama anak dengan sepeda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bersepeda merupakan kegiatan yang sangat seru, baik sendiri maupun bersama orang lain. Keseruan juga bisa Anda dapatkan dengan bersepeda bersama anak,

Selain membuat tubuh sehat, bersepeda bersama anak juga mendekatkan hubungan Anda dengan buah hati. Tetapi, bukan hanya gowes, Anda bisa melakukan aktivitas seru lainnya bersama anak dengan sepeda.

Melansir Bicyclenews, ada lima kegiatan seru bersama anak dengan sepeda yang bisa para orangtua lakukan. Berikut kegiatan menyenangkannya:

1. Ajak anak untuk bersepeda mengelilingi lingkungan sekitar

Mengajak anak mengendarai sepeda berkeliling lingkungan sekitar menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Tapi, Anda perlu memperhatikan kecepatan saat bersepeda.

Bisa jadi, anak Anda masih belum terampil benar menggunakan sepeda. Jadi, Anda perlu menuntunnya sembari berjalan. Lakukan kegiatan tersebut sambil berbincang hal-hal yang disukai anak.

Baca Juga: Siap terjang medan ekstrem, ini harga sepeda Polygon Entiat-E

Usahakan, Anda mengambil jalur yang tidak sulit seperti lingkungan dekat rumah yang masih jarang kendaraan bermotor lewat. Kegiatan ini juga bisa membuat anak untuk memahami lingkungan sekitar dan mengenal orang baru di sekitar rumah.

2. Berburu "harta karun"

Berburu "harta karun" maksudnya, mengajak anak untuk menemukan sesuatu yang disepakati sebelumnya. Misalkan, Anda membuat peraturan dengan anak untuk menemukan benda atau hal tertentu, seperti, jembatan, burung, tong sampah.

Anda bisa memanfaatkan sepeda untuk mencari benda tersebut bersama anak. Untuk membuat suasana semakin seru, Anda juga harus berpura-pura bingung saat mencari benda-benda tersebut. 

Dengan begitu anak akan berinisiatif untuk mencari benda-benda tersebut dan mengajak Anda mengendarai sepeda mengikutinya. Meski terlihat sederhana, kegiatan ini cukup menarik bukan?

3. Ajarkan dasar memperbaiki sepeda

Memperbaiki sepeda bukan hal yang sulit, pun juga bukan sesuatu yang mudah. Anda bisa mengajari anak untuk memperbaiki sepeda yang paling dasar. 

Baca Juga: Paling laris! Harga sepeda lipat Element Troy Vol 2 dibanderol murah meriah

Yang perlu Anda perhatikan adalah beberapa komponen, seperti sadel, rantai, rem dan kondisi angin pada ban sepeda. Kenalkan kepada anak komponen tersebut dan bagaimana cara mengatasinya jika menemukan masalah.

4. Membersihkan sepeda

Sama seperti membersihkan kendaraan lain, Anda bisa mengajak anak membersihkan sepeda. Ini menjadi kegiatan yang menarik buat anak. Anda bisa mempraktikkan cara membersihkan sepeda, yang kemudian diikuti anak.

5. Bermain games dengan sepeda

Jika anak mulai bosan jalan-jalan berkeliling lingkungan dengan sepeda, Anda bisa mengajaknya bermain games dengan sepeda. Caranya, dengan membuat trek atau jalan yang menarik.

Anak akan merasa senang melintasi trek yang Anda buat dengan menghindari beberapa rintangan yang sudah disiapkan sebelumnya. Atau, yang paling sederhana Anda juga bisa membuat trek melingkar di halaman rumah. 

Baca Juga: Sepeda lipat Polygon Urbano 5 series, ringkas dan hemat di kantong

Selamat menikmati waktu bersama anak.

Editor: Arif Budianto


Terbaru