HOME

Cara screenshot di laptop Windows 10

Sabtu, 26 September 2020 | 14:00 WIB   Reporter: Arif Budianto
Cara screenshot di laptop Windows 10

KONTAN.CO.ID -

Sebagian dari Anda mungkin ada yang masih belum tahu cara screenshot di laptop Windows 10. Caranya cukup mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Terkadang kita membutuhkan dokumentasi tertentu yang tampil di layar laptop kita. Untuk kepentingan pekerjaan atau tugas tertentu, terkadang kita membutuhkan screenshot.

Ternyata untuk mengambil screenshot di laptop Windows 10 cukup mudah. Tanpa perlu aplikasi tambahan, Anda bisa mengambil screenshot denagn mudah di Windows 10.

Rilis tahun 2015 lalu, Windows 10 menghadirkan fitur yang cukup beragam. Terlebih fitur-fitur untuk mempermudah pekerjaan juga sudah ditambahkan tanpa aplikasi tambahan.

Salah satunya seperti mengambil screenshot. Di Windows 10 kalian bisa dengan mudah mengambil screenshot bahkan langsung bisa dikirimkan lewat chat atau langsung disimpan dalam dokumen.

Baca Juga: Jangan update Windows 10 versi terbaru, jika menggunakan laptop ini

Cara screenshot di laptop Windows 10

Untuk mengambil screenshot di laptop Windows 10 ada beberapa cara dan metode. Tak perlu berlama-lama lagi, simak selengkapnya di bawah ini:

  • Menggunakan tombol "Print Screen" lewat keyboard

Untuk mengambil screenshot yang paling mudah adalah dengan menekan tombol Print Screen pada keyboard. Umumnya terletak di sebelah atas dekat dengan F12. 

Lewat tombol ini Anda bisa mengambil screenshot satu layar penuh tampilan laptop Windows 10. 

Setelah itu buka aplikasi Microsoft Paint atau Paint untuk menampilkan hasil screenshot. Tekan tombol "Ctrl+V" atau pilih klik ikon "Paste" untuk menyiman sebagai file gambar.

Anda juga bisa paste langsung ke Microsoft Word, Excel atau Power Point dengan cara yang sama seperti di atas.

  • Menggunakan Snipping Tool

Di Windows 10 Snipping Tool jauh lebih keren. Anda bisa mengaksesnya langsung lewat Action Center, menu yang terletak di sebelah kanan. Pilih "Screen Snip" yang ada di Action Center.

Tampilan Action Center Windows 10

Atau Anda juga bisa mengakses Screen Snip dengan tombol kombinasi "Ctrl+Shift+S".

Kelebihan dari Screen Snip ini bisa mengambil screenshot di area tertentu. Jadi Anda bisa memilih area tertentu saja yang akan diambil screenshot-nya.

Screenshot yang Anda ambil bisa disimpan menjadi gambar atau langsung dimasukan ke dalam dokumen tertentu. Seperti Microsoft Word, Excel, Power Point atau mengirimnya lewat pesan singkat Whatsapp Web. 

Mudah bukan? Tanpa aplikasi tambahan Anda bisa.

Selanjutnya: Vivaldi, browser keren bisa rehat sejenak dari semua hiruk pikuk aktivitas internet

 

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru