Dibantu teknologi AI Microsft Word kini bisa ubah suara menjadi teks dengan cepat

Kamis, 27 Agustus 2020 | 14:25 WIB   Reporter: Arif Budianto
Dibantu teknologi AI Microsft Word kini bisa ubah suara menjadi teks dengan cepat

ILUSTRASI. Dibantu teknologi AI Microsft Word kini bisa ubah suara menjadi teks


KONTAN.CO.ID - Microsoft Word dapatkan fitur keren bisa ubah file audio suara menjadi teks. Bak mendengarkan orang yang sedang berbicara, Microsoft Word bisa mencatat pembicaraan yang kita rekam.

Microsoft Word menjadi aplikasi wajib bagi sebagian orang. Baik untuk keperluan pekerjaan hingga mengerjakan tugas bagi siswa dan mahasiswa.

Baca Juga: Terlihat lebih cantik, begini tampilan baru Microsoft 365

Terbaru ini, Microsoft Word dapatkan fitur canggih bertajuk Transcribe. Fitur ini hadir khusus untuk Microsoft 365 yang didalamnya juga ada Microsoft Word.

Dibantu teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, Transcribe dapat mengubah suara menjadi teks di Microsoft Word. Teknologi AI ini diberi nama Azure Cognitive Services.

Mengutip dari blog resmi Microsoft, fitur Transcribe ini bisa mengubah file suara yang direkam langsung atau sudah tersedia. Pada dasarnya fitur Transcribei di Microsoft Word ini sangat mudah.

Cukup masuk ke menu Home > Dictation > Transcribe. Fitur ini bisa mengubah suara menjadi teks baik direkam langsung atau mengunggah file yang sudah ada.

Sistem dari Microsoft Word secara otomatis akan menguraikan suara menjadi teks. Tidak dalam sebuah paragraf yang panjang, teks yang telah diubah dari suara terbagi dalam beberapa bagian.

Pengguna dapat melihat di bagian kanan layar Microsoft Word, terdapat daftar teks yang sudah diubah dari suara. Bagian teks terdapat status waktu yang menunjukkan percakapan tertentu. 

Jika ingin menampilkan teks tersebut di halaman kerja Microsoft Word tinggal klik saja. Secara otomatis teks ubahan dari suara tersebut bakal tersalin. 

Meski fitur ini sangat membantu dan sangat keren, sayangnya baru mendukung Bahasa Inggris, Belum diketahui apakah Microsoft bakal menambahkan dukungan bahasa lain termasuk Indonesia.

Patut diapresiasi, fitur ini sangat membantu pekerjaan sebagian orang. Apalagi yang berkutat dengan rekaman wawancara seperti jurnalis dan sebagainya akan menghemat banyak waktu. File audio yang didukung untuk mengubah suara menjadi teks yakni MP3, MP4, M4A dan WAV.

Editor: Arif Budianto


Terbaru