Gara-gara rumah gaya Jepang, Summer Vacation Jung Yu Mi-Choi Woo Shik kena kritik

Senin, 20 Juli 2020 | 12:12 WIB   Penulis: Mega Putri
Gara-gara rumah gaya Jepang, Summer Vacation Jung Yu Mi-Choi Woo Shik kena kritik

Jung Yu Mi dan Choi Woo Shik di variety show Summer Vacation tvN dan Park Seo Joon ikut bergabung.


FILM - SEOUL. Dua aktor film Train to Busan (2016), Jung Yu Mi dan Choi Woo Shik tampil dalam reality show Summer Vacation dengan Park Seo Joon yang turut bergabung. Summer Vacation menunjukkan serunya liburan di tempat asing untuk meredakan stres dari kebisingan kota. 

Sejak penayangannya, variety show ini justru menuai kritik karena dianggap menampilkan bangunan rumah bergaya Jepang dan dituding memiliki kemiripan dengan video game My Summer Vacation dari Jepang. Isu tentang Jepang memang sensitif di Korea Selatan.

Ini mengingat riwayat penjajahan Jepang di negara tersebut hingga sejarah tentang pekerja paksa rakyat Korea dan wanita penghibur untuk perbudakan seks di masa Perang Dunia II. tvN akhirnya merilis pernyataan untuk menanggapi kontroversi Summer Vacation.

"Halo, ini tim produksi Summer Vacation. Pertama, kami ingin minta maaf atas ketidaknyamanan saat menonton. Kami ingin menjelaskan lokasi syuting," kata tvN dalam pernyataan di situs resminya.

Sebelum syuting, tvN menyebutkan, mereka menemukan desa yang indah untuk tinggal satu bulan dan sebuah rumah tertua untuk lokasi syuting. Dengan loteng dan tiga halaman, mereka merasa itu cocok untuk menunjukkan bintang acara di berbagai situasi.

Baca Juga: Drakor rating tertinggi 2020, The World of Married & Itaewon Class sukses di JTBC

"Karena ini bangunan rumah tua sekitar tahun 1950, saat menyiapkan program, kami mempertahankan bangunan asli rumahnya dan hanya mengubah warna atap dan membersihkan eksterior," sebut tvN.

Mereka menilai, tiga halaman rumah tersebut cocok dengan rencana untuk variety show tempat tinggal yang menampilkan realita saat ini, dimana masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

"Kami tidak terlalu memikirkan tentang rumah maupun interiornya karena menurut kami itu tidak terlalu penting.," kata tvN.

"Kami minta maaf karena tidak hati-hati mempertimbangkan kemungkinan ketidaknyamanan yang dirasakan penonton. Kami juga minta maaf karena menyebabkan gangguan pada pasangan tua yang memiliki rumah ini," ujar tvN

Baca Juga: 8 Drama Korea (Drakor) terbaik, peraih rating tertinggi tahun 2020

"Setelah dengan rendah hati menemrima tanggapan penonton, kami memperbaiki pintu dan jendela rumahnya demi mengurangi rasa tidak nyaman penonton sebelum kami mulai syuting yang kedua," kata tvN. "Kami akan bekerja keras untuk memberi kesan lebih baik kedepannya".

Menanggapi tudingan plagiat video game Jepang, tvN mengatakan, mereka tidak tahu tentang permainan tersebut dan tidak merujuk atau memikirkannya sama sekali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Mega Putri

Terbaru