Otomotif

Harga mobil bekas Toyota Kijang Juni 2020 di Jakarta turun Rp 10 jutaan

Senin, 22 Juni 2020 | 07:02 WIB Sumber: GridOto.com
Harga mobil bekas Toyota Kijang Juni 2020 di Jakarta turun Rp 10 jutaan

ILUSTRASI. Lelang mobil bekas Toyota Kijang tahun 2000

KONTAN.CO.ID - Jakarta.  Sebelum ada Avanza, Toyota Kijang adalah mobil MPV laris di Indonesia. Meski memiliki fitur standar, tapi konsumen suka dengan kemampuan Toyota Kijang yang serba guna di segala medan dan mampu mengangkut banyak penumpang.

Bahkan sampai saat ini, mobil bekas Toyota Kijang masih banyak diburu konsumen. Terutama Toyota Kijang 'kapsul'. Karena bentuknya yang membulat, enggak heran jika generasi keempat dari keluarga Toyota Kijang ini akrab disebut dengan istilah Kijang Kapsul.

Baca juga: Lelang mobil Innova V 2007 di Jakarta, harga mulai Rp 61,5 juta

Banyak yang menganggap desain mobil bekas Kijang Kapsul ini timeless alias tidak lekang oleh waktu, walaupun sudah puluhan tahun mengaspal. Kendaraan serbaguna atau Multi Purpose Vehicle (MPV) dari Toyota ini juga terkenal bandel dan mudah 'dipelihara', ditambah lagi masih melimpahnya ketersediaan spare part di pasaran.

Hal itu pula yang membuat harganya tergolong stabil di pasar mobil bekas (mobkas) dalam beberapa tahun belakangan ini. Namun sayang, pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air membuat harga mobil bekas Toyota Kijang Kapsul goyah hingga mengalami penurunan mencapai puluhan juta rupiah.

Seperti yang diungkapkan Hendrik Suntara, pramuniaga dari Showroom mobkas Merdeka Motor yang bermarkas di kawasan Depok, Jawa Barat.  "Harga Kijang Kapsul sebelum pandemi Covid-19 bisa mencapai Rp 80 jutaan (tertinggi), tapi sekarang memang lagi turun harganya sampai sekitar Rp 10 juta," ujar Hendrik kepada GridOto.com, Sabtu (20/6/2020).

Hendrik menuturkan, ada banyak faktor yang menentukan harga mobil bekas dari Toyota Kijang kapsul, seperti varian, umur, hingga kondisi kendaraanya.

Ia pun mencontohkan untuk mobil bekas Toyota Kijang Kapsul LX dan SX yang merupakan varian terendahnya kini dibanderol mulai Rp 40 jutaan. Sementara untuk Kijang Kapsul tipe LSX, SGX dan LGX yang merupakan varian menengah ke atas, banderolnya masih dikisaran Rp 50 juta sampai Rp 70 jutaan.

"Kijang Kapsul ini kan muncul tahun 1997 sampai 2004, harga pasaran biasanya tergantung kondisi sama tipenya. Kalau yang tahun tua dan tipe bawahnya kayak LX atau SX paling sekitar di atas Rp 40 juta," tutur Hendrik lagi.

Baca juga: Tarif endorsement Prilly Latuconsina Rp 100 juta per posting, ini alasannya

"Selisih harga Kijang Grand antar tahun produksinya bisa mencapai Rp 10 juta, kalau tahunnya sama antar tipenya bisa beda Rp 5 juta," tambahnya.

Biar enggak penasaran, berikut kisaran harga mobil bekas Toyota Kijang Kapsul bermesin bensin yang GridOto.com himpun dari pedangang mobil bekas di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Tahun    Harga
1997    Rp 40 - 45 jutaan
1998    Rp 45 - 50 jutaan
1999    Rp 50 - 55 jutaan
2000    Rp 55 - 60 jutaan
2001    Rp 60 - 65 jutaan
2002    Rp 65 - 70 jutaan
2003    Rp 70 - 75 jutaan atau lebih

Disclaimer

*Harga mobil bekas Toyota Kijang tergantung kondisi kendaraan.

*Harga mobil bekas Toyota Kijang bisa berbeda-beda tergantung penjual dan wilayah.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru