Hasil Pertandingan Kroasia Vs Maroko 2-1, Kroasia Sementara Unggul di Babak Pertama

Sabtu, 17 Desember 2022 | 22:16 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Hasil Pertandingan Kroasia Vs Maroko 2-1, Kroasia Sementara Unggul di Babak Pertama

ILUSTRASI. Soccer Football - FIFA World Cup Qatar 2022 - Third-Place Playoff - Croatia v Morocco - Khalifa International Stadium, Doha, Qatar - December 17, 2022 Morocco's Achraf Dari scores their first goal REUTERS/Lee Smith


PIALA DUNIA 2022 - JAKARTA. Hasil sementara antara Kroasia Vs Maroko sementara kedua tim masih berbagi gol 1-1 dalam pertandingan piala dunia  2022 Qatar perebutan peringkat 3.

Kroasia membuka pertandingan perebutan peringkat 3 piala dunia 2022 Qatar dengan menyerang alias ofensif sehingga menghasilkan beberapa tendangan bebas dan tendangan sudut. 

Dari tendangan bebas membuahkan gol pertama Kroasia dicetak oleh Josko Gvardiol melalui sundulan kepala setelah menerima operan dari sundulan oleh Ivan Perisic di menit ke 7.

Pada pertandingan perebutan peringkat tiga di piala dunia  2022 Qatar yang dipimpin oleh wasit Abdulrahman Al-Jassim dari Qatar dan berlangsung di stadion Khalifa International Stadium, kedua tim tampil bebas dan saling jual beli serangan.

Selang dua menit kebobolan, Maroko membalas gol juga dengan sundulan kepala Achraf Dari sehingga skor berubah 1-1.

Kroasia tak berhenti melakukan serangan ke gawang Maroko. Hasilnya pada menit ke 42 saat Mislav Orsic mengoptimalkan umpan Marko Livaja dan meneruskan dengan tendangan lambung ke gawang Bono. Bola sempat memantul ke tiang gawang sebelah kiri sebelum menggetarkan jala gawang Bono, sehingga skor sementara berubah 2-1.

Pada perjalanan di putaran final piala dunia 2022, Kroasia tampil di babak 4 besar melawan Argentina. 

Hanya saja pertandingan Argentina melawan Kroasia berakhir 3-0 dengan gol kemenangan Argentina di cetak oleh Lionnel Messi satu gol dari titik putih dan Julian Alvares yang memborong gol dari hasil umpan terukur Lionnel Messi.

Namun perlu di catat Kroasia adalah tim yang mampu menggulingkan tim unggulan Brasil di putaran piala dunia 2022. 

Pada pertandingan 8 Besar Brasil hanya mampu bermain imbang melawan Kroasia selama 90 menit dan perpanjangan waktu.

Baca Juga: Bakal Berlaga Rebut Juara 3, Begini Perjalanan Maroko di Piala Dunia 2022

Beruntung para pemain Kroasia lebih tenang saat mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Brasil sehingga lolos ke babak 8 besar.

Pengalaman adu penalti ini sudah dirasakan oleh Tim Kroasia saat menyingkirkan Jepang di babak 16 besar.

Saat itu Jepang tak banyak berkutik lantaran eksekusi gol banyak meleset dan ditepis kiper Kroasia sehingga penalti berakhir 3-1 untuk kemenangan Kroasia.

Penampilan Kroasia saat di babak penyisihan grup sejatinya tidak terlihat bisa menjadi tim unggulan.

Sebab selama pertandingan Kroasia hanya bermain imbang dengan Maroko dengan skor 0-0 yang saat ini bertemu lagi di babak akhir untuk memperebutkan juara tiga.

Sementara Kroasia juga bermain imbang melawan Belgia yang merupakan tim unggulan sebagai pemegang peringkat pertama FIFA.

Baca Juga: Top Skor Piala Dunia 2022: Mbappe Messi Pencetak Gol Terbanyak, Final Jadi Penentu

Kemenangan satu-satunya Kroasia saat penyisihan di Grup F hanya saat melawan tim lemah Kanada dengan skor telak 4-0 yang menjadikan tim ini sebagai runner up grup di bawah juara grup Maroko.

Sementara tim yang menjadi lawan Kroasia di perebutan juara 3 yakni Maroko merupakan tim yang dikenal sebagai pembunuh tim raksasa selama putaran final Piala Dunia 2022.

Maroko tercatat pernah bertemu Kroasia di babak penyisihan grup dengan hasil pertandingan sama kuat 0-0.

Namun di Grup F Maroko tampil sebagai juara grup, karena mampu mengalahkan Belgia dengan skor 2-0.

Maroko juga tampil beringas menekuk tim lemah Kanada dengan skor 2-0.

Yang cukup mencengangkan adalah saat tampil melawan Spanyol di babak 16 besar, Maroko mampu tampil dengan rapi di sisi pertahanan sehingga tim unggulan sekelas Spanyol tidak banyak berbuat apa apa di lapangan dan pertandingan berakhir dengan skor 0-0 hingga akhir pertandingan ekstra time 2 kali 15 menit. 

Baca Juga: Ini Dia Jadwal Perebutan Juara 3 Piala Dunia 2022, Pertemukan Kroasia vs Maroko

Kondisi ini memaksa Spanyol maju ke babak tos-tosan dengan Maroko yang mengandalkan kiper mereka Yaseen Bounou alias Bono.

Tiga dari empat tendangan Maroko mampu diselesaikan dengan apik oleh Pemain Maroko dan sebaliknya tak mampu terbalaskan oleh pemain-pemain top Spanyol.

Keperkasaan Maroko tidak hanya sampai di babak 16 besar. Saat tampil menghadapi Portugal di babak 8 besar, Maroko juga tampil dengan disiplin dalam bertahan.

Namun saat melakukan serangan balik, satu-satunya tim dari benua Afrika yang mayoritas berkulit putih ini mampu mencetak serangan-serangan mematikan.

Hal ini terlihat saat pada menit 42 Y En Nesyri mampu mengoptimalkan bola dari Y Attia Allah sehingga Maroko unggul 1-0 melawan Portugal yang tak bisa berbuat banyak meskipun di ada pemain bintang Cristiano Ronaldo, Pepe dan lain-lain.

Sayangnya pertahanan ketat dari Maroko akhirnya bobol juga diobrak-abrik penyerang Prancis di laga 4 besar atau semi final.

Maroko hanya bisa melihat Prancis pesta gol 2-0 tanpa balas hasil tendangan T. Hernandez di menit ke lima, dan R.Kolo Muani di menit ke 79.

Line Ups Kroasia

  • Dominik Livakovic (1) Kiper
  • Josip Stanisic (2) 
  • Josip Sutalo (24)
  • Josko Gvardiol (20)
  • Ivan Perisic (4)
  • Luka Modric (10)
  • Mateo Kovacic (8)
  • Andrej Kramaric9
  • Lovro Majer 7
  • Mislav Orsic 18
  • Marko Livaja 14

Line UIps Maroko 

  • Yaseen Bounou (Bono) (1) Kiper
  • Yahia Attiyat Allah (25)
  • Jawad El Yamiq (18)
  • Achraf Dari (20)
  • Achraf Hakimi (2)
  • Bilal El Khannouss (23)
  • Sofyan Amrabat(4)
  • Abdelhamid Sabiri (11)
  • Sofiane Boufal (17)
  • Youssef En-Nesyri (19)
  • Hakim Ziyech (7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru