Honda PCX 2021 resmi mengaspal, begini ubahan mesin dan tampilannya

Rabu, 11 November 2020 | 15:18 WIB Sumber: Motorcyclenews
Honda PCX 2021 resmi mengaspal, begini ubahan mesin dan tampilannya


MOTOR RILIS - LONDON. Honda Motorcylces Europe telah merilis varian terbaru, Honda PCX 2021.Kendaraan skuter paling populer di Inggris, telah didesain ulang mulai dari mesin, fitur, hingga desain.

Honda membekalinya dengan mesin berstandar emisi Euro5 yang lebih bertenaga, sisi elektronik yang lebih baik, penyimpanan lebih luas, rangka baru, dan suspensi belakang yang diperbarui.

Melansir dari Motorcyclenews.com, Honda telah menjual lebih banyak Honda PCX dari varian sepeda lain di Inggris. Tentunya, Honda PCX model 2021 akan menjadi pembaruan yang pertama sejak 2018. 

Hal ini berpotensi membantu Honda untuk mempertahankan posisi mereka di puncak penjualan skuter tertinggi di Eropa, khususnya Inggris. Uniknya, terjadi lonjakan saat ini dalam penjualan sepeda Honda PCX selama pandemi virus Corona di Inggris.

Perubahan Honda PCX 2021 dimulai dengan mesin motor yang dibekali SOHC empat katup berpendingin air. Mesin ini diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar, dengan tenaga puncak 13 horsepower pada 8750 rpm. 

Baca Juga: Honda Scoopy 2020 terbaru meluncur, harga lebih mahal dari varian lama

Honda PCX125 2021

Dalam kondisi tersebut, Honda PCX 2021 mampu mencapai kecepatan tertinggi yakni 98 km/jam, dengan penghematan bahan bakar sekitar 112 mpg. Hal ini didukung dengan bagian dalam mesin yang memiliki gesekan rendah sehingga mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Teknologi yang melekat di Honda PCX125 ini yakni Honda Selectable Torque Control yang membantu membatasi selip roda belakang pada permukaan yang datar. Hal tersebut diitunjukkan dengan huruf 'T' yang berkedip pada dasbor LCD, sistem dapat dimatikan jika diperlukan. 

Baca Juga: Inilah motor baru Honda CRF250L dan Honda CRF250 2021

Rangka mesin baru memiliki kerangka baja yang diperbarui bersama lengan ayun, termasuk pengaturan shock belakang yang direvisi untuk menjanjikan berkendara yang lebih nyaman. 

Kedua ukuran ban Honda PCX ikut naik, dengan roda belakang diperkecil satu inci hingga diameter 13 inci. Seperti varian sebelumnya, Honda PCX 2021 disematkan kaliper dua piston yang dilengkapi ABS dan cakram 220mm di bagian depan, ditambah rem tromol 130mm di bagian belakang.

Sedangkan di tampilan depan, lampu depan dan belakang Honda PCX 2021 juga dibentuk ulang, dengan rel pegangan pembonceng baru yang menghemat berat sebesar 310g. Tinggi tempat duduk tetap pada 764mm, dengan tambahan ruang footboard sebesar 30mm tersedia di depan dan samping.

Honda PCX 2021 ini turut dibekali kunci kontak tanpa kunci atau 'Smart Key', yang digunakan untuk menyalakan sepeda, mengunci penyimpanan onboard, dan bahkan membuka kotak atas 35 liter. 

Dasbor LCD Honda PCX 2021 juga diperbarui oleh layar hitam berwarna juga menampilkan fitur-fitur termasuk odometer, meter perjalanan, pengukur bahan bakar, hingga indikator stop/start.

Honda belum memberikan informasi tambahan terkait waktu perilisan dan distribusi varian ini ke pasar Asia.

Di Indonesia, Honda PCX tahun 2020 dibanderol mulai dengan Rp 29 jutaan tergantung dengan varian dan fitur motor.

Selanjutnya: Bikin penasaran! Triumph Tiger 850 Sport muncul dalam sebuah teaser, ini prediksinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru