Ini rahasia pola hidup sehat penduduk paling panjang umur di dunia

Jumat, 04 Oktober 2019 | 15:55 WIB Sumber: Kompas.com
Ini rahasia pola hidup sehat penduduk paling panjang umur di dunia


KESEHATAN - JAKARTA. Tahukah kamu bahwa ada lima daerah di lima negara yang pola makannya diklaim sebagai pola makan paling sehat di dunia? 

Hal itu diungkapkan oleh Co-founder and Managing Director Burgreens, Helga Angelina, dalam paparannya di acara diskusi bertema perubahan iklim di Pusat Kebudayaan Italia di Jakarta, Kamis (3/10/2019). 

Baca Juga: Tujuh makanan ini bisa membantu seseorang berhenti merokok

Daerah dengan penduduk yang sehat tersebut dikenal dengan istilah blue zones. Orang-orang di daerah tersebut memiliki usia yang lebih panjang dan berkualitas. 

Lima daerah tersebut adalah Okinawa (Jepang), Ikarta (Yunani), Sardinia (Italia), Nikoya (Kosta Rika), dan Loma Linda (California). "Disebut 10% dari populasinya umurnya 100 tahun ke atas. Di usia 60 tahun masih bisa punya anak, sampai 100 tahun ke atas masih ke ladang." 

"Jadi bukan 100 tahun sakit-sakitan. Tapi 100 tahun secara aktif masuk ke ladang, hidup dengan cicit-cicitnya dan menjalani pola hidup aktif," kata Helga. 

Rupanya, gaya hidup dan pola makan penduduk di daerah-daerah tersebut memiliki kesamaan. Mereka rutin mengkonsumsi kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran terutama sayuran berdaun hijau, karbohidrat kompleks, serta sedikit ikan. 

Baca Juga: Orang Asia mengalami sakit jantung di usia yang lebih muda

Ikan diambil secukupnya menggunakan jaring atau pancing untuk dikonsumsi sendiri. Pola makan yang sehat untuk manusia juga merupakan pola makan yang sehat untuk bumi. Artinya, meninggalkan jejak karbon paling minim. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru