Ini Spesifikasi Lengkap Toyota Kijang Innova Zenix

Senin, 21 November 2022 | 17:46 WIB Sumber: Kompas.com
Ini Spesifikasi Lengkap Toyota Kijang Innova Zenix

ILUSTRASI. Peluncuran Toyota Innova Zenix di Jakarta (21/11/2022).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Generasi ke-7 Toyota Kijang Innova, yakni Zenix resmi diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor di Jakarta, Senin (21/11/2022). Menyandang gelar global premiere, ada sejumlah penyempurnaan yang diberikan oleh kendaraan legendaris tersebut.

Satu di antaranya sebagaimana dikatakan Chief Engineer of Toyota Motor Corporation (TMC) Hideki Mizuma.

"Mobil ini menggunakan platform TNGA GA-C yang biasa digunakan model sedan sehingga menyajikan kenyamanan dan ketangguhan," kata Hideki dalam seremoni Global Premiere New Toyota Electric Vehicle di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Toyota Kijang Innova Generasi ke-7 Zenix Resmi Meluncur

"Bisa dikatakan ini merupakan saudara dari Voxy yang stylish dan nyaman, bukan lagi dari sasis Hilux," lanjutnya.

Lebih jauh, platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-C juga diberikan sebagai alasan bahwa Innova Zenix ada varian elekrifikasinya, Hybrid Electric Vehicle (HEV). Sehingga dibutuhkan penyesuaian pada berbagai sektor seperti berat dan tingkat kenyamanannya.

Kemudian dengan penggunaan sasis monocoque, memungkinkan disematkannya teknonolgi advance terbaru kepada seperti mesin 2,0L TNGA, generasi ke-5 Toyota Hybrid System, TSS, dan transmisi 10-speed Direct Shift CVT untuk menghadirkan performa berkendara yang superior tapi konsumsi BBM tetap efisien.

Lebih dari itu, platform TNGA GA-C ini juga memberikan ruang bagi engineer Toyota untuk meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi berat mobil (170 kg dari model sebelumnya), dan mengurangi suara yang masuk ke dalam kabin.

Untuk diketahui, mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine ini diklaim lebih efisien dan powerful.

Dapur pacu 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-I itu dapat menghasilkan tenaga 174 Ps pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 kGm pada 4.500 - 4.900 rpm. Di samping itu, mesin bakar pada varian hybrid EV-nya mampu menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 kgm pada 4.400 - 5.200 rpm.

Ketika melaju kinerja mesin konvensional akan diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS pada sistem. Bateray hybrid Ni-MH ini dikemas dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa merurangi ruang di area kabin.

Terdapat juga filter pada tutup saluran udara pendingin baterai sehingga penumpukan debu di jalur pendinginan ditekan guna mencegah penurunan usia pakai baterai akibat peningkatan suhu.

Baca Juga: Toyota Resmi Memulai Produksi Mobil Hybrid di Indonesia

"Seluruh tipe Innova Zenix sudah tidak ada lagi pilihan transmisi manual, digantikan oleh transmisi CVT berkode K120 yang halus dan responsive," ujar Hideki.

Mode squential Shiftmatic 10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual untuk meningkatkan kenikmatan berkendara. Pada sistem ini memungkinkan perpindahan di semua gigi yang dipilih dengan menggerakkan tuas transmisi ke + atau - saat tuasnya di posisi M.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Innova Zenix Pakai Platform Baru, Ini Spesifikasi Lengkapnya"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru