Profesi

Jasa cukur online menjadi solusi di tengah pandemi, ini cerita pelaku usahanya

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 09:00 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Jasa cukur online menjadi solusi di tengah pandemi, ini cerita pelaku usahanya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 tak terasa sudah tujuh bulan ada di Indonesia. Sebagai pencegahan penyebaran Covid-19 maka masyarakat sejak awal pandemi disarankan untuk melakukan jaga jarak, bahkan sempat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kebijakan PSBB pada awal pandemi lalu membuat banyak usaha jasa sepi pelanggan, tak terkecuali barbershop. Banyak masyarakat khawatir datang ke usaha jasa seperti barbershop saat pandemi.

Melihat itu beberapa pelaku usaha babershop mulai melakukan inovasi digitalisasi guna meminimalisir kontak dengan pelanggan. Maka muncul layanan barberhome yang bisa dipesan lewat daring.

Belia Eka Wardani CSO TangTing Barberhome menuturkan, TangTing sebenarnya mulai meluncur sebelum pandemi tepatnya pada Desember 2019 lalu.

Baca Juga: Berencana pergi ke salon saat pandemi Covid-19? Ini saran dokter Reisa

Namun, Belia menceritakan bahwa usaha yang dirintis bersama tiga kawannya yaitu Achmad Arif CEO TangTing Barberhome dan Triyana Sudarmanto CFO TangTing Barberhome justru laris saat pandemi.

"Awal buka desember itu sepi sekali, kasih diskon aja sepi. Baru pandemi di bulan Maret sampai lebaran ramai sekali. Kami dirikan TangTing awalnya karena kepikiran kalau usaha offline kan harus bayar sewa tempat dan lainnya. Eh malah kemudian ada pandemi di bulan Maret," cerita Belia kepada Kontan.co.id, Jumat (23/10).

Kini TangTing Barberhome memiliki 5 karyawan untuk layanan potong rambut. Kelima barberman tersebut disebut Belia sebelumnya bekerja di barbershop offline miliknya yaitu Coolio Barbershop.

Saat awal pandemi hingga lebaran Belia menyebut satu barberman bisa melayani 5 - 8 orang untuk potong rambut. Kini karena barbershop offline sudah kembali buka maka sehari hanya 3-4 pesenan satu barberman.

"Jadi Mas Triyana itu punya Coolio Barber Academy, jadi memang ini usaha bersama dengan kawan. Kita juga buat cara bookingnya mengadopsi ojek online jadi mudah. Hanya aplikasi sekarang masih teknologi TWA (Trusted web Activity)," jelas Belia.

TangTing Barberhome kini baru melayani jasa potong rambut di wilayah Surabaya dan Sidoarjo Jawa Timur. Belia menyebut rencananya Desember nanti Tangting Barberhome akan melebarkan sayap ke Malang, Jawa Timur.

Editor: Yudho Winarto


Terbaru