CLOSE [X]

Kemendikbudristek Dukung Canang World Music Festival 2022 Sebagai Pemajuan Kebudayaan

Jumat, 27 Mei 2022 | 22:48 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Kemendikbudristek Dukung Canang World Music Festival 2022 Sebagai Pemajuan Kebudayaan

ILUSTRASI. Kemendikbudristek Dukung Canang World Music Festival 2022 sebagai Pemajuan Kebudayaan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sinergi antara pegiat seni budaya bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam mengembangkan seni musik tradisi sebagai bentuk pemajuan kebudayaan nasional terus dilakukan.

Salah satunya seperti pada ajang Canang World Music Festival 2022 dengan mengangkat tema Musik Logam: Sebuah Perjalanan Panjang Seni Musik Tradisional Indonesia, yang bakal diselenggarakan di Kampar, Riau, 27-28 Mei.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid yang diwakili Edy Irawan selaku Kapokja Apresiasi dan Literasi Musik Ditjen Film, Musik, dan Media Kemendikbudristek mengatakan, festival musik tradisi adalah upaya mengajak pelaku seni budaya dan kelompok masyarakat untuk merawat dan memelihara kekayaan kebudayaan di Tanah Air.

“Mengenalkan, menyebarkan, dan mempertunjukkan musik tradisional merupakan nilai kekuatan bagi pemajuan kebudayaan Indonesia. Dengan begitu keragaman musik tradisi yang dimiliki Indonesia dapat menjadi universal dan menarik minat masyarakat dunia,” kata dia dalam keterangannya, Jumat (27/5).

Baca Juga: Sungai Aare, Lokasi Anak Ridwan Kamil Hilang Sering untuk Renang dan Arum Jeram

Menegaskan pesan dari Dirjen Kebudayaan, Edy melanjutkan, kesadaran melestarikan musik tradisi haruslah didukung pemerintah. Sikap Kemendikbudristek tersebut akan memberi ruang terjalinnya relasi berkelanjutan antara masyarakat dan pemerintah dalam pemajuan kebudayaan.

Edy menyampaikan, pemerintah saat ini terus berusaha menghidupkan kembali geliat kesenian budaya di masyarakat yang selama ini tersendat akibat pandemi Covid-19. Canang adalah bagian dari sejarah di Riau yang telah melekat dalam keseharian kehidupan masyarakatnya.

Melalui Canang World Music Festival 2022 diharapkan dapat memperkenalkan tradisi musik logam Riau sebagai sebuah karya kebudayaan dan pertunjukan seni ke seluruh kalangan masyarakat Indonesia serta mendapatkan tempatnya di tingkat dunia.

“Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek mengapresiasi komunitas masyarakat yang masih peduli untuk bergandengan bersama menjaga kekayaan musik tradisi. Hal ini merupakan usaha melahirkan musisi tradisi generasi penerus yang berkomitmen mencintai budaya Indonesia,” ucap Edy.

Baca Juga: Justin Timberlake Jual Katalog Musiknya Hingga US$ 100 Miliar

Canang World Music Festival 2022 sebagai penghargaan terhadap sejarah budaya Riau maupun membangkitkan lagi kreativitas pelaku seni budaya lokal. Canang World Music Festival 2022, bukan hanya mempertontonkan seni musik tradisi, tetapi ada pula kesempatan menambah pengetahuan melalui forum diskusi yang dilaksanakan.

Canang World Music Festival 2022 digagas oleh beberapa orang pegiat budaya, pelaku musik tradisi, dan seniman di Riau yang mendapatkan dukungan dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek. Festival ini diikuti oleh kalangan masyarakat, seniman, serta 12 komunitas musik tradisi.

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru