Kiat jitu orangtua biar anak tidak kecanduan gadget

Rabu, 08 Juli 2020 | 16:14 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Kiat jitu orangtua biar anak tidak kecanduan gadget

ILUSTRASI. Kiat jitu orangtua agar anak tidak kecanduan gadget.


PARENTING - JAKARTA. Di perkembangan teknologi yang cepat, banyak orangtua kebingungan mencari cara agar anak mereka tidak kecanduan gadget. Kehadiran gawai memang memudahkan kehidupan.

Komunikasi dan informasi bisa dengan cepat kita dapatkan lewat gadget. Tetapi, keuntungan tersebut tidak selalu baik terutama bagi anak-anak.

Sudah banyak kejadian anak kecanduan bermain gim atau menonton YouTube lewat gadget. Jika tidak segera orangtua cegah, kebiasaan ini bisa membawa efek buruk bagi anak-anak. 

Baca Juga: Dukungan orangtua sangat anak butuhkan saat ujian sekolah, ini caranya

Agar frekuensi bermain gawai anak bisa berkurang, Anda bisa memberikan contoh pada buah hati. Kebiasaan anak sedikit banyak merupakan cerminan dari kebiasaan orangtua.

Jika anak terlalu sering bermain gadget, mungkin tanpa sengaja Anda juga berlaku demikian. Kurangi kegiatan bermain ponsel saat Anda berada di rumah, terutama ketika berinteraksi dengan si kecil.

Membuat jadwal penggunaan gadget untuk anak, bisa menjadi pilihan bagi Anda. Susun jadwal penggunaan ponsel atau komputer tiap harinya.

Baca Juga: 6 kiat menyenangkan dan mudah agar anak doyan makan sayur

Atur alarm saat anak mulai bermain gawai, dan ingatkan jika waktu sudah akan berakhir. Cara ini bisa mengurangi frekuensi penggunaan gadget bagi anak.

Buat area bebas gadget di rumah

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru