Edukasi

Kisah Rayhan yang diterima di UI, UNS, Unpad dan Binus setelah gagal SNMPTN & SBMPTN

Senin, 14 September 2020 | 13:46 WIB Sumber: Kompas.com
Kisah Rayhan yang diterima di UI, UNS, Unpad dan Binus setelah gagal SNMPTN & SBMPTN

ILUSTRASI. Kampus Universitas Indonesia.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kisah seorang juara olimpiade internasional yang gagal lolos SNMPTN dan SBMPTN, viral di media sosial sejak diunggah 28 Agustus 2020. Unggahan tersebut dibagikan oleh akun Twitter @wiracalosa. Dia sebelumnya pernah meraih juara olimpiade internasional. 

Rayhan Danendra Wiracalosa, pemilik akun itu, membagikan kisahnya saat gagal melanjutkan studi ke perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Selain gagal masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, Rayhan juga mendapat cobaan ketika sang ayah meninggal dunia karena stroke. 

Walau begitu, Rayhan tak langsung menyerah dan berputus asa karena bertubi-tubi mendapatkan cobaan.  

Berserah diri kepada Yang Kuasa

Setelah dinyatakan gagal di SNMPTN dan SBMPTN ditambah lagi masih dalam suasana berkabung meninggalnya sang ayah, Rayhan berserah diri kepada Sang Kuasa. Ia sempat berpikir bahwa Sang Kuasa sangat mudah membalikkan keadaan manusia dari titik tertinggi (kebahagiaan) menjadi titik terendah (ujian dari Tuhan). 

Baca Juga: Penting untuk mahasiswa, ini 5 alasan kenapa harus mengambil mata kuliah magang

Namun, Rayhan juga berpikir bahwa Tuhan juga akan mudah membalikkan kondisi seseorang dari titik terendah, menjadi titik tertinggi. "Alhamdulillah, saya diberi ujian. Berarti Tuhan masih memperhatikan saya. Saya percaya pasti akan ada kebahagiaan yang datang ke saya," jelas Rayhan saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/9/2020). 

Setelah semua ujian berhasil ia lewati, Rayhan pun mendapat kebahagiaan setelahnya. Pada Agustus 2020, seolah menjadi bulan baik baginya karena Rayhan berhasil diterima di banyak universitas, bahkan beberapa di antaranya adalah universitas ternama di Indonesia. 

Baca Juga: 6 Jurusan kuliah ini banyak dibutuhkan di masa depan, peluang karir terbuka!

"Pada 18 Agustus saya diterima di Teknik Mesin UI (Jalur Simak) dan Teknik Mesin UNS (Jalur Prestasi), 23 Agustus diterima di Fakultas Kedokteran Unpad (jalur Prestasi). Diterima juga di Universitas Bina Nusantara (Binus) dengan beasiswa full, diterima melalui jalur prestasi untuk kuliah di Ilmu Biomedis Universitas Andalas, Padang," kata Rayhan. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru