Sport

La Liga mencetak rekor belanja pemain sebesar US$ 1,21 miliar

Selasa, 16 Juli 2019 | 17:48 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
La Liga mencetak rekor belanja pemain sebesar US$ 1,21 miliar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa transfer musim panas kali ini didominasi oleh La Liga. Buktinya, hingga Senin (15/7), total pengeluaran klub-klub asal Liga Spanyol tersebut mencapai US$ 1,21 miliar. Angka ini naik 24% dari total transfer pemain tahun lalu.

Mengutip Forbes, Real Madrid, Bercelona dan Atletico Madrid menjadi tiga klub dengan pengeluaran terbesar musim ini. Berdasarkan data TransferMarkt.com, Real Madrid sudah membelanjakan US$ 340 juta untuk menghadapi musim 2019/2020.

Sementara rival abadi Madrid, Barcelona sudah menggelontorkan dana sebesar US$ 263 juta. Atletico Madrid telah merogoh kocek senilai US$ 222 juta.

Dengan capaian ini, bisa jadi La Liga akan mengalahkan rekor belanja pemain yang sebelumnya dicetak Liga Inggris. Tahun lalu, klub-klub asal Premier League menggelontorkan dana hingga US$ 1,46 miliar.

Untuk tahun ini, tim-tim asal Inggris cenderung lebih menahan diri. Hingga saat ini, total pengeluaran transfer pemain yang dilakukan oleh klub Premier League hanya sekitar US$ 850 juta.

Aston Villa menjadi klub paling boros di musim ini. Tim yang baru saja promosi ke Premier League tersebut sudah menghabiskan US$ 106 juta untuk belanja pemain baru.

Pemain termahal musim panas 2019 masih dipegang oleh Antoine Griezmann. Penyerang asal Atletico Madrid tersebut akhirnya memilih berlabuh ke Barcelona dengan banderol US$ 136 juta.


Editor: Wahyu Rahmawati

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru