Libatkan 6.000 peserta, Jember Fashion Carnaval 2019 bertema Tribal Grandeur

Kamis, 28 Februari 2019 | 11:23 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Libatkan 6.000 peserta, Jember Fashion Carnaval 2019 bertema Tribal Grandeur


WISATA - JAKARTA. Jember Fashion Carnaval (JFC) 2019 segera digelar kembali pada 31 Juli - 4 Agustus 2019. Pagelaran berlangsung dengan tema 'Tribal Grandeur' dan akan melibatkan lebih dari 6.000 peserta karnaval.

Presiden JFC Dynand Fariz menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah untuk menjadikan JFC sebagai pionir karnaval modern di Indonesia.

“Kreativitas JFC semakin layak dijadikan magnet untuk mendatangkan wisman, tetapi dari 'commercial value' atau 'financial value' masih belum digarap optimal karena belum bisa dikapitalisasi dengan baik,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (28/2).

Namun ia tetap menyambut baik ditetapkannya Jember sebagai Kota Karnaval berkelas dunia. Sementara itu, Menpar Arief Yahya mengatakan penyelengaraan JFC sangat menginspirasi banyak karnaval di Tanah Air.

Ia berharap penyelenggaraan JFC yang telah memiliki sederet penghargaan itu dapat dijadikan tolak ukur untuk pelaksanaan event-event serupa yang ada di Indonesia.

Terlebih setelah karnaval yang dirintis di Kabupaten Jember, Jawa Timur itu menduduki peringkat pertama sebagai karnaval terbaik di Asia dan karnaval terbaik ke-3 di dunia setelah Rio de Janeiro Carnival di Brazil dan Pasadena Flower Carnival di Los Angeles, Amerika Serikat.

“JFC sudah tiga kali berturut-turut masuk dalam Top 10 dari 100 Calender of Event (CoE) Nasional. Semua yang bagus-bagus ada di JFC. Saya harap JFC bisa jadi standar penyelenggaran event di Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya dalam keterangan yang diterima.

Wakil Bupati Jember A. Muqit Arief juga mengapresiasi JFC yang mampu menyaingi karnaval internasional di Rio de Janeiro, Brazil dan Pasadena, AS.

Ia mengaku kewalahan dengan membludaknya turis setiap kali JFC diselenggarakan. Tidak hanya rumah warga dijadikan homestay, bahkan kabupaten lain juga ikut menampung tamu-tamu JFC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru