Wisata

Lima pura yang harus dikunjungi saat liburan di Bali

Jumat, 03 Juli 2020 | 10:03 WIB   Reporter: Novianti Siswandini
Lima pura yang harus dikunjungi saat liburan di Bali

ILUSTRASI. Sejumlah Umat Hindu menggelar upacara di Pura Besakih, yaitu Pura yang berada di kaki Gunung Agung, Karangasem, Bali, Selasa (19/9). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/pd/17.

KONTAN.CO.ID - BALI. Berkunjung ke Bali rasanya tidak sah jika Anda tidak mengunjungi pura. Bayangkan saja, ada puluhan ribu pura yang ada di sana. Lantas, dari puluhan ribu pura tersebut, pura mana saja yang harus dikunjungi? Melansir Travel Savvy, berikut adalah lima pura yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke Pulau Dewata:

1. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu dibangun pada abad ke-10. Pura ini berdiri di atas tebing di mana bagian bawahnya adalah lautan yang membentang luas. Pemandangan inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan, apalagi jika mereka datang saat matahari terbenam. Selain menjadi tempat ibadah, Pura Luhur Uluwatu juga dijadikan tempat pertunjukan tari kecak yang melegenda.

Baca juga: Harga motor Honda baru per Juli 2020 didiskon besar-besaran, ini daftarnya

2. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan pasti dikenali oleh penduduk Indonesia. Pasalnya, pura ini tergambar jelas di uang selembaran Rp50.000 berwarna biru. Pura ini merupakan tempat suci yang didedikasikan untuk dewi danau dan sungai, yaitu Dewi Betari Ulun Danu. Terletak di kawasan Bedugul, Pura Ulun Danu Bratan ini cukup unik karena bangunannya yang nampak mengambang di atas danau.

3. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot berdiri di atas bebatuan tinggi di antara pantai dan laut. Hal inilah yang membuat Pura Tanah Lot begitu megah dan indah. Karena pura ini sangat populer, tak heran jika ada banyak wisatawan yang datang apalagi di saat matahari terbenam.

4. Pura Luhur Lempuyang

Terletak di Kabupaten Karangasem, Pura Luhur Lempuyang merupakan tempat yang didedikasikan untuk Sang Hyang Widi Wasa. Pura ini juga melindungi orang-orang Bali dari roh jahat. Yang menjadi daya tarik pura ini adalah pemandangannya yang langsung menghadap ke Gunung Agung.

5. Pura Besakih

Pura Besakih dikenal juga dengan julukan “Mother Temple”. Kompleks luas pura ini mengkonsolidasikan 23 kuil yang terpisah. Uniknya lagi, bangunan utama pura sejajar dengan puncak Gunung Agung, yaitu gunung tertinggi dan paling suci di Bali.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Bali, Ini empat pusat perbelanjaan di sekitar Kuta

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru