Liverpool kantongi laba £ 42 juta di periode 2018-2019

Kamis, 27 Februari 2020 | 23:49 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Liverpool kantongi laba £ 42 juta di periode 2018-2019

Logo Liverpool FC. via Reuters


LIGA PRIMER INGGRIS - JAKARTA. Keberhasilan Liverpool FC menjuarai Liga Champions tahun lalu membawah berkah tersendiri. Klub berjuluk The Reds tersebut mengantongi laba sebelum pajak sebesar £ 42 juta pound di periode 2018-2019 yang berakhir 31 Mei 2019.

Pamor Liverpool memang langsung terangkat di periode tersebut. Selain menjuarai Liga Champions, Liverpool juga menduduki peringkat kedua Liga Inggris dan cuma kalah satu poin dari sang juara Manchester City.

Baca Juga: Liverpool raih pendapatan hak siar terbesar di musim 2018/2019

Tak heran jika pendapatan Liverpool langsung melesat menjadi £ 533 juta, naik £ 78 juta dari periode serupa tahun lalu. Lonjakan ini terjadi karena adanya kenaikan pendapatan dari hak siar yang semula £ 41 juta menjadi  £ 261 juta. Lantas pendapatan komersial juga melonjak dari  £ 34 juta melesat ke £ 188 juta,  dan laga pertandingan yang tadinya cuma £ 3,5 juta meroket menjadi  £ 84 juta.  

Baca Juga: Nike depak New Balance jadi aparel resmi Liverpool FC

Lonjakan pendapatan tersebut membuat Liverpool dengan gampang bisa belanja pemain yang sesuai keingian sang pelatih Jurgen Klopp. Kalau ditotal di periode terebut, Klopp membelanjakan hingga £ 233 juta untuk pemain. Mulai dari Alisson Becker, Fabinho, Naby Keita, dan Xherdan Shaqiri. Termasuk juga adanya 11 kontrak baru untuk sejumlah pemain. Seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, Jodarn Henderson, Tren Alexander Arnold dan Andy Robertson. 

Baca Juga: Kapasitas Anfield bakal diperbesar hingga 61.000 tempat duduk

"Biaya sepakbola terus melonjak, dan penting bagi kami untuk menjaga konsistensi posisi keuangan kami untuk bisa menjalankan klub sepakbola yang  berkelanjutan," kata Andy Hughes, Chief Operating Officer Liverpool FC dalam keterangan tertulis di situs resmi Liverpool FC, Kamis (27/2).

Liverpool sendiri sedang membangun fasilitas pelatihan di Kirby dengan nilai £  50 juta. Selain itu juga ada rencana pengembangan stadion Anfield dengan memperbesar kapasitas menjadi 61.000 tempat duduk dari sebelumnya 54.000 tempat duduk dengan menambah sisi Anfield Road Stand yang memakan anggaran  £ 60 juta.

Ini memang sesuai dengan komitment sang pemilik Fenway Sport Group yang ingin memperkuat Liverpool FC baik dari sisi skuad sepakbola serta infrastruktur penunjang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru