Makin marak, 4 cara ini bisa melindungi anak dari kekerasan seksual

Selasa, 29 September 2020 | 13:18 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Makin marak, 4 cara ini bisa melindungi anak dari kekerasan seksual

ILUSTRASI. Makin marak, 4 cara ini bisa melindungi anak dari kekerasan seksual.


KONTAN.CO.ID - Minimnya edukasi tentang pendidikan seks dan kekerasan seksual, bisa memicu banyaknya korban. Anak-anak beresiko menjadi korban kekerasan seksual lebih besar jika tidak dibekali edukasi yang cukup. 

Korban kekerasan seksual terutama anak-anak menunjukkan angka peningkatan tiap tahunnya. Data ini merujuk pada jumlah kasus kekerasan pada anak dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). 

Mengutip Kompas.com (28/09/2020), jumlah kasus kekerasan seksual pada anak tahun 2019 sebanyak 350 kasus. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 206 kasus. 

Anggapan pendidikan seks yang keliru, menghambat kesadaran masyarakat pada kekerasan seksual. Pendidikan seks justru memberikan pengetahuan yang tepat mengenai seksual, kebersihan alat kelamin, dan cara menjaganya. 

kekerasan seksual pada anak

Mulai sekarang, penting bagi Anda para orang tua untuk memberikan pembelajaran seksual. Edukasi ini bisa dimulai sejak dini dan dari rumah. 

Berikut cara-cara yang bisa Anda terapkan agar anak terhindar dari kekerasan seksual. cara-cara ini dihimpun KONTAN.co.id dari Child Mind Institute dan Today.com.

  • Bicarakan mengenai bagian-bagian tubuh 

Hal pertama yang perlu Anda ajarkan adalah mengenai bagian-bagian tubuh dan fungsinya. Memberikan informasi mengenai bagian pribadi dan siapa saja yang boleh melihat dan tidak sangat penting.

Sampaikan jika hanya orang tua dan dokter yang boleh melihat dan memeriksa bagian pribadi mereka. Orang di luar tidak boleh melihat bahkan menyentuh area tersebut.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru