Mirip di Nepal, Dusun Butuh Magelang berjulukan Nepal van Java

Selasa, 29 September 2020 | 15:16 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Mirip di Nepal, Dusun Butuh Magelang berjulukan Nepal van Java


WISATA MAGELANG - Dusun Butuh merupakan salah satu tempat di Magelang yang cukup unik. Jika dilihat sekilas, tempat ini memang berupa pemukiman rumah penduduk biasa.

Tetapi, yang membuatnya menjadi unik adalah kontur dan letak pemukiman warga sekitarnya yang bertumpuk di lereng gunung. Letak pemukiman seperti itu hampir sama dengan yang ada di Pegunungan Himalaya, Nepal.

Karena itu, Dusun Butuh mendapat julukan Nepal van Java.

Tapi, Dusun Butuh memiliki keunggulan lain. Pemandangan pegunungan dan persawahan hijau yang membentang akan langsung terlihat sejauh mata memandang.

Berlokasi di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, keberadaan Dusun Butuh kini dicari para pemburu latar foto instagramable. Tempat ini pun mendadak naik daun dan menjadi destinasi wisata selfie.

Baca Juga: Svargabumi, tempat wisata selfie yang letaknya dekat Candi Borobudur

Dusun Butuh

Hanya, butuh perjuangan untuk sampai ke dusun ini. Karena berada di ketinggian 1.600 mdpl di kaki Gunung Sumbing, pengunjung akan melintasi jalan menanjak.

Sehingga, kendaraan yang Anda gunakan harus dipastikan kuat. Apalagi, jika menggunakan kendaraan matik, Anda harus ekstra berhati-hati.

Lalu, Anda disarankan untung datang saat musim panas atau cuaca cerah. Jika datang saat musim hujan, jalanan akan licin dan berbahaya. Selain itu, hasil foto tidak akan maksimal karena tertutup kabut tebal.

Sebaiknya, Anda datang saat musim panas di pagi hari atau malam hari. Anda bisa mendapatkan latar foto ala Nepal sekaligus pemandangan sunrise atau sunset di Dusun Btuh.

Warga sekitar Dusun Butuh yang melihat potensi di wilayahnya menyambut baik para wisatawan yang datang. Sebagai pengunjung, maka harus mematuhi peraturan yang ada, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Jadi, pengunjung harus memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Selanjutnya: Wisata Getek Bambu, liburan sambil merasakan sensasi naik rakit di Sungai Progo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Novianti Siswandini

Terbaru