Resmi! PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae Yong, Cek Profil Pelatih Timnas Indonesia

Sabtu, 29 Juni 2024 | 07:15 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Resmi! PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae Yong, Cek Profil Pelatih Timnas Indonesia

ILUSTRASI. Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengamati jalannya pertandingan saat melawan Timnas U-23 Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024). Indonesia kalah dari Uzbekistan dengan skor akhir 0-2. ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/nym.


INDONESIA - PSSI resmi telah memperpanjang kontrak Shin Tae Yong untuk melatih timnas Indonesia selama beberapa tahun ke depan. Hal tersebut menjadi kabar baik bagi sepak bola Indonesia.

Shin Tae Yong telah sepakat bersama PSSI untuk melanjutkan melatih timnas Indonesia hingga 2027.

Sebelumnya memperpanjang kontrak, PSSI memberikan target kepada Shin Tae Yong. Di antaranya adalah timnas Indonesia senior lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Siapa Lawannya?

Selain itu, Shin Tae Yong juga diminta membawa timnas Indonesia U-23 lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024.

Hasilnya, pelatih asal Korea Selatan yang berusia 53 tahun tersebut berhasil membawa catatan positif bagi timnas Indonesia dan berhasil menepati target tersebut.

Dengan prestasi dan catatan positif tersebut PSSI mengumumkan secara resmi untuk memperpanjang kontrak Shin Tae Yong bersama timnas Indonesia.

Hal tersebut juga selaras dikatakan oleh ketua umum PSSI, Erick Tohir bahwa Shin Tae Yong telah mencatatkan hasil positif bagi timnas Indonesia salah satunya membawa timnas Indonesia ke putaran tiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Wisata Kuliner di Lampung yang Enak dan Patut Dicoba

"Coach Shin telah membawa Timnas sampai round 3 piala dunia dan sampai play off Olimpiade. Kinerjanya telah memberikan dampak positif bagi sepak bola Indonesia," ujar Erick Thohir dilansir dari laman PSSI.

Selain mencatatkan hasil positif bagi timnas Indonesia, Shin Tae Yong juga memiliki prestasi lain selama berkarir menjadi pelatih.

Melansir dari laman Transfermarkt, berikut profil Shin Tae Yong menjadi pelatih:

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian Jumat 28 Juni 2024, Simak Persyaratannya

Profil Shin Tae Yong

Shin Tae Yong lahir di Yeongdeok, Gyeongbuk, Korea Selatan pada 11 Oktober 1970. Pelatih timnas Indonesia tersebut memiliki lisensi kepelatihan Pro UEFA.

Sebelum menjadi pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Yong sempat menjadi timnas Korea Selatan. Shin Tae Yong menjadi asisten pelatih Korea Selatan pada 2014 dan menjadi pelatih kepala pada 2015 hingga 2018.

Salah satu prestasi Shin Tae Yong yang cukup populer di antaranya adalah bisa mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018.

Selain menjadi pelatih timnas, Shin Tae Yong juga sempat menjadi pelatih klub Korea Selatan, yaitu Seongnam Ilhwa. Shin Tae Yong menjadi pelatih Seongnam Ilhwa mulai dari tahun 2008-2012 dengan total 190 pertandingan.

Demikian profil Shin Tae Yong selain berprestasi bersama timnas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru