Simak 8 Tips Menjalankan Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

Jumat, 01 April 2022 | 15:40 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Simak 8 Tips Menjalankan Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

ILUSTRASI. Ilustrasi menjalankan puasa di tengan pandemi Covid-19.


KESEHATAN -Jakarta. Pandemi covid-19 masih belum usai, padahal sebentar lagi akan memasuki bulan ramadan yang mana seluruh umat Islam di seluruh dunia akan menjalan ibadah puasa selama kurang lebih 30 hari. 

Selama menjalankan puasa imunitas tubuh harus tetap terjaga di tengah pandemi covid-19. Untuk itu ada beberapa tips menjalankan puasa di tengah pandemi yang perlu Anda ketahui agar puasa tetap lancar dan terhindar dari virus Covid-19 maupun berbagai penyakit lainnya. 

Puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya, puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena dapat merangsang produksi sel darah putih sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. 

Baca Juga: Ketahui 5 Pantangan Penderita Amandel yang Perlu Diwaspadai

Melansir dari laman Kementerian Keuangan Republik Indonesia, beriku ada beberapa tips menjalankan puasa di tengah pandemi Covid-19. 

1. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup adalah sesuatu hal yang harus dilakukan dan menjadi salah satu tips saat menjalankan puasa di tengah pandemi. Pasalnya, jika tubuh Anda kekurangan waktu tidur, hal tersebut akan membuat tubub mudah terserang berbagai penyakit, termasuk Covid-19. 

2. Memperbanyak Konsumsi Nabati 

Saat menjalankan puasa di tengah pandemi, Anda disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi nabati yang terkandung dalam buah, sayur, maupun kacang-kacangan. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi nabati baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi. 

3. Konsumsi Lemak Baik 

Selain mengkonsumsi nabati, Anda juga harus mengkonsumsi lemak baik dan menjauhi lemak jahat saat menjalankan puasa. Lemak baik mempunyi manfaat yang mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

Baca Juga: Cocok Dikonsumsi Saat Puasa, Simak 7 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan

4. Olahraga 

Meski sedang menjalankan puasa, Anda harus tetap melakukan olahraga di waktu yang tepat. Hal tersebut agar kebugaran tubuh tetap terjaga selama menjalankan puasa di saat pandemi Covid-19.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru