Sport

Simak, inilah pilihan cara menjaga kesehatan jantung yang menyenangkan

Sabtu, 07 September 2019 | 18:50 WIB Sumber: Kompas.com
Simak, inilah pilihan cara menjaga kesehatan jantung yang menyenangkan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari Jantung Sedunia, yang dirayakan tiap tanggal 29 September, dapat menjadi pengingat untuk menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung masih menjadi permasalahan global, tak terkecuali di Indonesia. 

Menurut rilis dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2017, penyakit jantung masih menjadi faktor kematian nomor satu di Nusantara. 

Baca Juga: Mengenal tumor dan kanker, beda atau sama?

Selain memerhatikan makanan yang kita konsumsi, banyak kegiatan kecil yang dapat menjadi cara menjaga kesehatan jantung. Kegiatan-kegiatan tersebut, boleh jadi juga telah menjadi kebiasaan baik yang dilakukan. 

Siapa sangka, saat sedang tertawa dan bercanda bersama sahabat, kita selangkah lebih maju untuk menjaga kesehatan jantung. Begitu juga dengan rutin menyikat gigi, berhubungan seks dengan pasangan, bahkan main sepatu roda. 

Berikut ini beberapa kebiasaan dan cara menjaga kesehatan jantung, yang mungkin tak pernah disangka sebelumnya. 
Berhubungan seks 
Aktivitas menyenangkan bersama pasangan ini, ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian yang dimuat di American Journal of Cardiology, frekuensi berhubungan seks yang lebih rendah berkaitan erat dengan peningkatan penyakit-penyakit jantung. 

Baca Juga: Kenapa obat tak boleh digerus? Begini penjelasan BPOM

Menari 
Jika gemar menari, entah itu di kamar atau di lantai dansa, maka kamu juga telah melakukan usaha untuk menjaga kesehatan jantung. Menari merupakan bentuk latihan areobik, yang dapat meningkatkan detak jantung, serta membantu aktivitas paru-paru dalam memompa udara. 

Menari selama satu jam dapat membakar hingga 200 kalori. 

Tertawa 
Ada banyak hal yang bisa membuat kita tertawa, seperti menonton serial komedi romantis, atau bertukar candaan receh bersama sahabat. Tertawa karena hal-hal positif, bukanlah aktivitas yang tidak memiliki manfaat, termasuk untuk jantung. 

Gelak tawa yang kita keluarkan, membantu menurunkan hormon stres, mengurangi peradangan di pembuluh darah, bahkan meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh. 

Baca Juga: Hati-hati, lima kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan

Mengonsumsi cokelat hitam 
Rasanya mustahil bagi kita untuk tidak menyukai cokelat, terutama cokelat hitam. Tak hanya lezat, cokelat hitam juga mengandung flavonoid, yaitu zat kimiawi tumbuhan yang menyehatkan jantung. Flavonoid membantu mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko penyakit organ ini. 

Konsumsilah cokelat hitam tanpa berlebihan, untuk mendapatkan manfaat flavonoid tersebut. Selain itu, pastikan tidak memilih cokelat dengan pemanis berlebihan. 

Membersihkan rumah 
Tak ada lagi alasan untuk malas-malasan membersihkan rumah. Sebab, rutin mengepel lantai maupun menggunakan vacuum cleaner saat bersih-bersih, tetap membuat badan bergerak, sekaligus menjadi cara yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Baca Juga: Merekayasa genetika bakteri, peneliti gunakan robot lunak

Agar lebih menyenangkan, kita bisa membersihkan rumah dengan menyetel lagu kesayangan. Berekreasi Sesekali, kita tidak perlu pergi ke pusat kebugaran atau lapangan, untuk sekadar mencari keringat. 

Kita bisa sedikit berolahraga dengan main bowling, bersepatu roda, atau bermain laser tag. Aktivitas-aktivitas tersebut tetap dapat membakar kalori, dan memberikan olahraga bagi jantung. 

Sarapan pagi
Asupan pagi hari sebelum memulai aktivitas, penting untuk dilakukan. Mengonsumsi makanan bernutrisi saat sarapan membantu menjaga berat badan, sehingga menghindarkan kita dari risiko penyakit jantung. 

Kita bisa mengombinasikan makanan sehat dari gandum seperti oatmeal dan roti gandum, protein tanpa lemak seperti selai kacang, olahan susu rendah lemak, dan vitamin dari sayur dan buah. 

Baca Juga: Trending topic: Kenaikan tarif BPJS Kesehatan, Lion Air beri diskon tiket

Menyikat gigi secara berkala 
Menyikat gigi tak hanya menghindarkan kita dari gigi berlubang dan sakit gigi. Berbagai penelitian menunjukkan, bakteri yang menjadi penyebab masalah gigi juga meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Walau temuan riset-riset lainnya menunjukkan hasil yang berbeda, tentu tak ada salahnya untuk rutin menyikat gigi, dan menjaga kebersihan mulut. The American Dental Association merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit setiap kalinya. 

Selain menerapkan cara-cara menjaga kesehatan jantung di atas, kita juga bisa mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung. Misalnya, apel merah, buah beri-berian, alpukat, serta ikan. 

Baca Juga: Sel kanker Ria Irawan aktif lagi, menyebar ke organ tubuh lain

Jangan lupa pula untuk mengecek indikator kesehatan, yang berpengaruh pada kesehatan jantung, secara berkala. Misalnya, kadar kolesterol, tekanan darah, serta gula darah. 

Bulan September ini bisa menjadi waktu yang tepat, untuk segera memeriksa indikator kesehatan tersebut. Kita bisa menjalani pemeriksaan laboratorium terdekat, atau janjian dengan dokter terlebih dahulu. (Wisnubrata)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Menyenangkan"

Halaman   1 2 3 Tampilkan Semua
Editor: Tendi


Terbaru