Sport

Simak, inilah pilihan cara menjaga kesehatan jantung yang menyenangkan

Sabtu, 07 September 2019 | 18:50 WIB Sumber: Kompas.com
Simak, inilah pilihan cara menjaga kesehatan jantung yang menyenangkan

Sarapan pagi
Asupan pagi hari sebelum memulai aktivitas, penting untuk dilakukan. Mengonsumsi makanan bernutrisi saat sarapan membantu menjaga berat badan, sehingga menghindarkan kita dari risiko penyakit jantung. 

Kita bisa mengombinasikan makanan sehat dari gandum seperti oatmeal dan roti gandum, protein tanpa lemak seperti selai kacang, olahan susu rendah lemak, dan vitamin dari sayur dan buah. 

Baca Juga: Trending topic: Kenaikan tarif BPJS Kesehatan, Lion Air beri diskon tiket

Menyikat gigi secara berkala 
Menyikat gigi tak hanya menghindarkan kita dari gigi berlubang dan sakit gigi. Berbagai penelitian menunjukkan, bakteri yang menjadi penyebab masalah gigi juga meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Walau temuan riset-riset lainnya menunjukkan hasil yang berbeda, tentu tak ada salahnya untuk rutin menyikat gigi, dan menjaga kebersihan mulut. The American Dental Association merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit setiap kalinya. 

Selain menerapkan cara-cara menjaga kesehatan jantung di atas, kita juga bisa mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung. Misalnya, apel merah, buah beri-berian, alpukat, serta ikan. 

Baca Juga: Sel kanker Ria Irawan aktif lagi, menyebar ke organ tubuh lain

Jangan lupa pula untuk mengecek indikator kesehatan, yang berpengaruh pada kesehatan jantung, secara berkala. Misalnya, kadar kolesterol, tekanan darah, serta gula darah. 

Bulan September ini bisa menjadi waktu yang tepat, untuk segera memeriksa indikator kesehatan tersebut. Kita bisa menjalani pemeriksaan laboratorium terdekat, atau janjian dengan dokter terlebih dahulu. (Wisnubrata)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Menyenangkan"

Editor: Tendi


Terbaru