Supaya tak mogok seperti mobil Jokowi, hindari kebiasaan ini

Sabtu, 07 September 2019 | 22:25 WIB Sumber: Kompas.com
Supaya tak mogok seperti mobil Jokowi, hindari kebiasaan ini


OTOMOTIF - JAKARTA. Mudahnya mengoperasikan transmisi otomatis alias matik, kadang sampai membuat kita abai bahwa transmisi jenis ini butuh perhatian khusus. 

Seperti kejadian yang menimpa mobil presiden Joko Widodo, Mercedes-Benz S600 berkelir hitam yang disinyalir bermasalah pada sistem transmisi, hingga berakibat mogok saat kunjungan kerja, Kamis (5/9). 

Baca Juga: Belajar dari mogoknya mobil Jokowi, ganti oli transmisi lebih cepat!

Masalah pada transmisi otomatis, sebetulnya bisa dideteksi dari kinerja mobil selama dipakai. Apakah transmisi menjadi kasar, muncul gejala ‘jedug’ atau ‘nyangkut’, hingga kemungkinan masalah pada sistem elektrikalnya. 

Menurut Pemilik Bengkel Spesialis Worner Matic, Hermas Efendi Prabowo, masalah ini bisa terjadi karena hal sederhana. Salah satunya tidak memindahkan tuas transmisi dari D ke N atau P, ketika berhenti. 

“Kalau dibiarkan terus menerus, girboks pada transmisi otomatis bisa mengalami stress. Selain itu oli transmisi juga cepat panas, hingga tercium bau seperti hangus dari dipstick,” katanya saat dihubungi (6/9). 

Hermas juga berujar, stress pada girboks memicu penurunan performa oli transmisi. Hal inilah yang menimbulkan masalah pada sistem transmisi. 

Baca Juga: Menilik isi pabrik Esemka di Boyolali

“Sebab selain untuk melumasi, oli pada transmisi otomatis juga berperan sebagai penerus daya ke mesin,” jelasnya. (Dio Dananjaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Supaya Tak Mogok Seperti Mobil Jokowi, Hindari Kebiasaan Ini"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru