Kilas Kesehatan

Tetap nyaman saat berhubungan intim setelah melahirkan dengan tips ini

Minggu, 01 November 2020 | 10:20 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tetap nyaman saat berhubungan intim setelah melahirkan dengan tips ini

KONTAN.CO.ID - Kehamilan dan proses melahirkan sedikit banyak mengubah kehidupan seorang ibu. Tidak hanya bentuk tubuh, hubungan intim Anda juga akan berubah setelah kehadiran buah hati.  

Mengutip dari Healthline, "masalah" yang umum terjadi setelah melahirkan antara lain: vagina terasa kering, tidak elastis, rasa sakit, kelelahan, hingga menurunnya libido.

Faktor-faktor tersebut bisa membuat sesi bercinta Anda dengan pasangan menjadi terganggu. Karenanya, hal-hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin berhubungan seksual setelah melahirkan tetap nyaman. 

Berikut tips agar hubungan seksual Anda tetap sehat dan nyaman setelah melahirkan yang dihimpun dari Healthline dan Bundoo.com:

Baca Juga: Hati-hati, ini tanda-tanda Anda mengalami marriage burnout

  • Tunggu waktu yang tepat

Tubuh ibu perlu pulih pasca melahirkan, baik normal maupun caesar. Dokter kandungan biasanya menyarankan untuk berhubungan intim setelah enam minggu. 

Patuhi saran dokter agar Anda dan pasangan sama-sama nyaman. Jika dokter menyarankan lebih lama, Anda tetap harus bersabar. 

Lakukan juga saat ibu sudah siap secara mental. Meskipun Anda sudah diperbolehkan untuk bercinta, tetap lakukan secara bertahap agar lebih nyaman. 

  • Perbanyak foreplay

Kehamilan dan setelah melahirkan terkadang menurunkan gairah seksual pada wanita. Foreplay bisa membantu ibu meningkatkan libido secara alami. 

Anda bisa melakukan berbagai teknik foreplay hingga ibu siap berhubungan intim. Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan cairan pelumas. 

Baca Juga: 5 Trik foreplay yang bisa meningkatkan kepuasan hubungan intim Anda

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru